DWI IRIRRIANTI, 2811133071 (2017) MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN FIQH [Studi Kasus Di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar]. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Fiqh (Studi Kasus di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Dwi Irirrianti, NIM 2811133071, dibimbing oleh Drs. H. Ali Rohmad, M. Ag Kata kunci : Manajemen kelas, Fiqh, Studi Kasus. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam pembelajaran Fiqh di MA Darul Huda Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar? 2) Mengapa dalam pembelajaran Fiqh di MA Darul Huda Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar menerapkan manajemen kelas yang demikian? Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk memahami dan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kelas dalam pembelajaran Fiqh di MA Darul Huda Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. 2) Untuk memahami dan mendeskripsikan alasan-pertimbangan diterapkannya manajemen kelas tersebut dalam pembelajaran Fiqh di MA Darul Huda Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang di dalamnya peneliti bertindak sebagai instrument penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif study kasus, dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam agar peneliti memperoleh data secara mendalam, observasi partisipan pasif dimana peneliti hanya mengamati fenomena yang terjadi dan tidak terlibat langsung dalam kegiatan yang ada dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclision Drawing atau Verifikasi sebagai mana dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian manajemen kelas dalam mata pelajaran Fiqih di MA Darul Huda Wonodadi Blitar menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan manajemen kelas pada mata pelajaran Fiqh menerapkan 6 aspek yaitu : a) perencanaan, guru melakukan perencanaan pada mata pelajaran Fiqh dengan membuat perangkat pembelajaran yaitu program semester, program tahunan dan RPP. b) pengorganisasian, guru membagi kelas dalam beberapa kelompok yang bersifat heterogen. c) pengarahan, guru memberikan pengarahan kepada siswa mengenai proses pembelajaran Fiqh dengan bantuan kepala sekolah. d) koordinasi, guru memberikan penjelasan mengenai tugas yang diberikan untuk menghindari kesalahpahaman. e) komunikasi, dengan menjalin komunikasi yang baik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa dapat saling bertukar informasi mengenai materi yang dipelajari. f) kontrol kelas, pada setiap akhir pembelajaran dalam satu bab diadakan evaluasi, dapat melalui tes tulis, tes lisan maupun praktek. 2) Dengan menerapkan aspek-aspek manajemen kelas tersebut sangat membantu terciptanya kondisi kelas yang optimal, sehingga pembelajaran terlaksana dengan efektif dan efisien.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133071 DWI IRIRRIANTI |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 06:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6049 |
Actions (login required)
View Item |