ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 1 GROGOL

NIKEN YUHANA PERTIWI, 126212211021 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 1 GROGOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.PDF

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.PDF

Download (17MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.PDF

Download (17MB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (17MB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
BAB VI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (17MB)
[img] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Hasil PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam aspek literasi, sains, dan matematika (numerasi) telah mengalami peningkatan. Meskipun demikian, secara keseluruhan masih menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih berada pada kategori rendah, khususnya pada kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia. Kemampuan literasi numerasi siswa merupakan salah satu kemampuan yang perlu dilatih dan dikembangkan. Kemampuan ini tidak hanya berfokus pada konsep matematika dan perhitungan saja, namun juga berkaitan dengan proses penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan penerapan konsep perhitungan. Secara spesifik, tingkat kemampuan literasi numerasi di setiap sekolah di Indonesia belum teridentifikasi, khususnya pada materi kimia laju reaksi. Terlebih penelitian terkait analisis kemampuan literasi numerasi siswa pada materi kimia masih jarang dilakukan, terutama pada materi laju reaksi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi numerasi siswa khususnya pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI – 2, XI – 3, dan XI – 4 di SMAN 1 Grogol yang telah mempelajari materi laju reaksi dengan total sejumlah 60 siswa. Instrumen penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan literasi numerasi berbentuk uraian (essay) sebanyak 20 butir soal. Instrumen tersebut telah divalidasi oleh dosen kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan guru kimia di SMAN 1 Grogol dengan hasil validasi sebesar 98%. Hasil validitas empiris yang dilakukan di kelas XI-1 menunjukkan bahwa dari 30 soal yang digunakan, terdapat 20 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid. Adapun hasil uji reliabilitas menggunakan uji Cronbach’s Alpha sebesar 0,817 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji tingkat kesukaran soal menunjukkan sebanyak 10 soal berkategori mudah, 13 soal berkategori sedang, dan 7 soal berkategori sukar. Adapun pada analisis daya beda soal, sebanyak 7 soal berkategori jelek sekali, 5 soal berkategori jelek, 6 soal berkategori cukup, 7 soal berkategori baik, dan 5 soal berkategori baik sekali. Data penelitian dianalisis berdasarkan kombinasi jawaban siswa pada tes uraian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kemampuan literasi numerasi siswa pada materi laju reaksi masih berada pada kategori rendah atau masih kurang dengan persentase hasil sebesar 37,74%. Ditinjau berdasarkan indikator kemampuan literasi numerasi, pada indikator pertama yaitu mampu menganalisis informasi berupa tabel, grafik, diagram dan bagan hasil persentase rata-ratanya sebesar 47,09%; pada indikator kedua yaitu menggunakan angka dan simbol sebesar 36,07%; sedangkan pada indikator ketiga yaitu menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan sebesar 34,28%. Jika ditinjau berdasarkan jenis kelaminnya, siswa laki-laki sebesar 39,61% dan siswa perempuan sebesar 37,06%. Apabila ditinjau berdasarkan Aspek Kognitif dalam Taksonomi Bloom, kemampuan siswa pada tingkatan C3 sebesar 29,70%, tingkatan C4 sebesar 50,44%, tingkatan C5 sebesar 32,08%, dan tingkatan C6 sebesar 21,50%. Hasil penelitian ini memberikan implikasi yang sangat penting terutama dalam upaya pengembangan dan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia khususnya pada pembelajaran kimia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211021 NIKEN YUHANA PERTIWI
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:00
Last Modified: 05 Aug 2025 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60527

Actions (login required)

View Item View Item