HERDINA CINDI LESTARI, 126401212050 (2025) PENERAPAN AKAD MUSYARAKAH DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA (Studi Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
DAFFTAR ISI.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (930kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Akad Musyarakah Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Kntor Cabang Kediri.” Ini ditulis oleh Herdina Cindi Lestari, NIM 126401212050, dengan pembimbing Dr. Suminto, M.Pd.I. Kata Kunci : Akad Musyarakah, Loyalitas Nasabah, Bank Muamalat, Perbankan Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan sistem pembiayaan syariah yang tidak hanya fokus pada keuntungan, tetapi juga pada aspek keadilan dan kemitraan antara bank dan nasabah, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep, implementasi, dan strategi penggunaan akad musyarakah dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Salah satu akad yang mencerminkan prinsip tersebut adalah akad musyarakah Fokus Penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana konsep akad musyarakah dalam meningkatkan loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Kediri ? 2) Bagaimana Implemesntasi Akad Musyarakah dalam meningkatkan loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Kediri? 3) Bagaimana Strategi Akad Musyarakah dalam meningkatkan loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Kediri? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan sumber data berasal dari data primer yang diambil dari karyawan dan nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Kediri dan data sekunder terkait penerapan akad musyarakah, dan loyalitas nasabah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Jenis akad musyarakah yang digunakan adalah musyarakah permanen, musyarakah muntanaqisah, modal kerja, dan proyek investasi berbasis sistem kerja. 2) Implementasi akad musyarakah dilakukan secara partisipatif dan sesuai prinsip syariah, di mana nasabah dilibatkan aktif dalam pengelolaan usaha, kesepakatan kepemilikan modal, pembagian keuntungan, serta penanganan kerugian ditentukan sejak awal melalui musyawarah. 3) Strategi akad musyarakah yang diterapkan menekankan pada transparansi, keadilan, evaluasi berkala, dan kepatuhan terhadap prinsip syariah. Melalui sosialisasi, penguatan perjanjian tertulis, manajemen risiko berbasis analisis 5C, serta partisipasi aktif nasabah sesuai kompetensi, bank mampu menciptakan kemitraan yang sehat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Musyarakah Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 126401212050 HERDINA CINDI LESTARI |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:03 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |