HENY CHOIRUN NISA, 126207213120 (2025) MANAJEMEN PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AKADEMIK DI MTSN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Manajemen Pengelompokan Peserta Didik dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik di MTsN 4 Jombang. Manajemen peserta didik sangat penting dan dibutuhkan, khususnya pada bidang pengelompokan, karena pengelompokan yang tepat dapat membantu sekolah dalam menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan akademik setiap peserta didik. Oleh karena itu, penerapan manajemen pengelompokan peserta didik tidak hanya berfokus pada peningkatan hasil belajar, tetapi juga pada pembentukan proses belajar yang lebih terarah, adil, dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pengelompokan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan akademik di MTsN 4 Jombang. Fokus penelitian mencakup tiga hal utama: (1) Bagaimana proses pengelompokan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan akademik di MTsN 4 Jombang?, (2) Bagaimana implementasi pengelompokan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan akademik di MTsN 4 Jombang? (3) Bagaimana hasil dari pengelompokan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan akademik di MTsN 4 Jombang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah MTsN 4 Jombang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya waka kesiswaan, guru wali kelas dan peserta didik, Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data terdiri atas Triangulasi, transferabilitas, Peer Reviewing, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1) Proses pemilihan peserta didik dalam pengelompokan dilakukan berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan. Terdapat tiga macam tes sebagai ketentuan yaitu, tes akademik, tes baca tulis dan tes psikologi, 2) Implementasi pengelompokan peserta didik di MTsN 4 Jombang dilakukan dengan menempatkan peserta didik dalam kelas sesuai potensi, diikuti pembelajaran pagi berdasarkan kurikulum nasional dan program sore sesuai jurusan menggunakan modul khusus, 3) Hasil dari pengelompokan peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman materi pelajaran, keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta pencapaian nilai akademik yang lebih baik dibandingkan sebelum dilakukan pengelompokan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213120 HENY CHOIRUN NISA |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 01:32 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 01:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |