PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X DI MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOLTULUNGAGUNG

PUTRI DIVANA NUR ROHMAH, 126209213123 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X DI MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOLTULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB VI..pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul " Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Minat Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung " Ini ditulis oleh Putri Divana Nur Rohmah, NIM. 126209213123, Pembimbing Dr. Dita Hendriani, M. A., NIP. 97912202014032001. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Minat Belajar, Kemampuan Kognitif Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan siswa yang ketika pembelajaran kurang semangat dan cenderung pasif. Siswa menganggap pelajaran Sejarah membosankan dan sulit sehingga minat belajar siswa rendah. Minat belajar siswa yang rendah ini akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Rumusan masalahnya adalah 1)Adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap minat belajar siswa kelas X di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol dalam mata pelajaran Sejarah ? 2)Adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap dan kemampuan kognitif siswa kelas X di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol dalam mata pelajaran Sejarah? 3)Adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa kelas X di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol dalam mata pelajaran Sejarah ?Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (ctl) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X MA Darul Falah (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (ctl) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata Sejarah kelas X MA Darul Falah. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (ctl) terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X MA Darul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas X MA Darul Falah. Sampel penelitian ini 30 siswa kelas kontrol dan 23 siswa kelas ekperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji T yaitu uji Independent sampel T-Test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran (ctl) berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X MA Darul Falah. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Model pembelajaran (ctl) berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X MA Darul Falah. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Model pembelajaran (ctl) berpengaruh terhadap minat belajar dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X MA Darul Falah. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209213123 PUTRI DIVANA NUR ROHMAH
Date Deposited: 20 Aug 2025 06:57
Last Modified: 20 Aug 2025 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61179

Actions (login required)

View Item View Item