Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek

Prasetiyo, Nova Tri (2014) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
02 Bagian Awal.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 BAB II1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 Daftar Rujukan.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menguasai materi pelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek? 2. Adakah pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek? 3. Adakah pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menguasai materi pelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. 2. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. 3. Untuk mengetahui persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menguasai menggunakan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMA Negeri 1 Panggul, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi para guru SMA Negeri 1 Panggul diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya sebagai guru terutama ketika merealisasikan tugas pokok sebagai guru untuk mengajar yang lebih baik di masa yang akan datang. Bagi siswa SMA Negeri 1 Panggul diharapkan dapat menjadi masukan bagi siswa untuk mamahami konsep-konsep ilmiah dan meningkatkan ketertarikan dan motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kemudian mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan bermanfaat sebagai petunjuk, arahan maupun acuan serta bahan pertimbangan bagi peneliti yang akan datang dalam menyusun rancangan penelitian yang lebih baik lagi relevan dengan hasil penelitian ini. Pola penelitian: Penelitian pendidikan, penelitian verifikatif, penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Populasi: XII IPS SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek yang berjumlah 106 siswa. Sampling: Stratified Proportional Random Sampling. Sampel: 36 siswa. Variabel bebas: Persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (dengan sub variabel: persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menguasai materi pelajaran, Persepsi siswa tentang xv profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran), Variabel terikat: Motivasi belajar. Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan metode deduktif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus chikuadrat, koefisien kontingensi dan phi. Hasil penelitian: 1. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menguasai materi pelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. 2. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. 3. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2014 01:37
Last Modified: 23 Dec 2014 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item