EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE - BEHAVIORAL DALAM MENGURANGI KECEMASAN AKADEMIK AKIBAT KETERGANTUNGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

CINDY LAILI KISMANI PUTRI, 126306212055 and MUHAMMAD SHOLIHUDDIN ZUHDI, 198806142023211023 (2025) EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE - BEHAVIORAL DALAM MENGURANGI KECEMASAN AKADEMIK AKIBAT KETERGANTUNGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektifitas Konseling Cognitive-Behavioral Dalam Mengurangi Kecemasan Akademik Akibat Ketergantungan Artificial Intelligence (AI) Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung”, ditulis oleh Cindy Laili Kismani Putri Nim 126306212055 Dosen Pembimbing Dr. Muh. Sholihuddin Zuhdi, M.Pd. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2025 Kata kunci: konseling cognitive-behavioral, kecemasan akademik, ketergantungan artificial intelligence (AI) Perkembangan teknologi yang paling populer dikalangan mahasiswa adalah AI, yang bisa membantu menyelesaikan tugas akademik, dimana AI juga berpotensi memiliki dampak negatif pada kesehatan mental mahasiswa misalnya ketika mahasiswa terlalu bergantung pada teknologi AI untuk mengambil keputusan atau menyelesaikan tugas, hal ini dapat menyebabkan ketergantungan dan menimbulkan masalah kesehatan mental seperti kecemasan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling cognitive-behavioral dalam mengurangi kecemasan akademik akibat ketergantungan AI pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN SATU Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre test and post test non equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa BKI semester 4. Populasi pada penelitian ini berjumlah 99 responden dan pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 8 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji independent t-test. Hasil analisis data menunjukan adanya efektivitas penurunan kecemasan akademik akibat ketergantungan AI pada mahasiswa bimbingan konseling islam di UIN Tulungagung setelah pelaksanaan layanan, dengan hasil uji T pada kecemasan akademik menunjukan nilai signifikani 0,000<0,05 dan pada ketergantungan AI nilai sig.0,002<0,05. Dengan demikian konseling cognitive behavioral terbukti efektiv untuk menurunkan kecemasan akademik akibat ketergantungan AI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306212055 CINDY LAILI KISMANI PUTRI
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:18
Last Modified: 01 Sep 2025 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61592

Actions (login required)

View Item View Item