IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI

EKA NURFITRIA, 126201211015 and ZULFA HUSNAWATI, 0709068902 (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover-1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Abstrak (2).pdf

Download (288kB)
[img] Text
Daftar Isi .pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I. .pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya kendala dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan belum bisa tercapai dengan baik. Kendala tersebut terlihat dari penerapan pembelajaran yang kebanyakan masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa merasa bosan karena kurangnya minat belajar siswa.Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual,dimana guru membantu siswa mengaitkan antara materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata yang memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, peningkatan minat belajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Fiqih di MTs Aswaja Tunggangri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MTs. Aswaja Tunggangri. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Dalam penerapan model pembelajaran guru menyusun perangkat pembelajaran terlebih dahulu berupa modul ajar yang dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam penerapannya terdiri dari tahapan pendahuluan, tahapan inti, dan tahapan penutup. Guru sudah menerapkan keseluruhan komponen model pembelajaran kontekstual mulai dari contructivisme, inquiry, questioning, learning comunity, modelling, reflection, autenthic asessment dengan bantuan media pembelajaran gambar yang menarik untuk membantu menyampaikan materi sholat jamak qasar. (2) Peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual terlihat dari perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran, dimana siswa bersemangat saat guru memberikan media pembelajaran,kemudian tertarik ketika guru memberikan penjelasan,serta terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bersikap perhatian ketika guru menjelaskan materi pada saat kegiatan pembelajaran.(3) Dalam penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Fiqih, kendala yang dihadapi yaitu dari mengaitkan antara materi dengan konteks kehidupan nyata, kemudian siswa yang membutuhkan perhatian lebih karena masih pasif dalam mengikuti pembelajaran, serta alokasi waktu pembelajaran yang tidak sesuai antara perencanaan dan penerapannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211015 EKA NURFITRIA
Date Deposited: 03 Sep 2025 04:07
Last Modified: 03 Sep 2025 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61631

Actions (login required)

View Item View Item