PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

KHOIRUN NISSA', 126204213173 and NUR CHOLIS, 198410052025211009 (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Bentuk Aljabar Kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Khoirun Nissa, NIM. 126204213173, dengan pembimbing Nur Cholis, M.Pd. Kata Kunci: Model PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Kondisi ini disebabkan oleh kurang aktifnya siswa saat proses belajar mengajar kareana pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, dibutuhkan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning (PBL), yaitu suatu pendekatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta keterampilan dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, dan (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Ngantru sebanyak 259 siswa. Dengan sempel yang digunakan siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t-test dan uji effect size dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) 16.0 for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, dan (2) besarnya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung dari hasil perhitungan uji pengaruh (effect size) sebesar 0.07 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213173 KHOIRUN NISSA
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:13
Last Modified: 03 Sep 2025 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61669

Actions (login required)

View Item View Item