MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN DAYA SAING PESANTREN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul ’Ulum Semanding Tertek Pare dan Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kencong Kepung Kediri)

MUSTAJIB, 1890501220005 and MUJAMIL QOMAR, 196503011993031003 and PRIM MASROKAN MUTOHAR, 197206082002121001 (2025) MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN DAYA SAING PESANTREN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul ’Ulum Semanding Tertek Pare dan Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kencong Kepung Kediri). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Mustajib., 1890501220005, 2024. MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN DAYA SAING PESANTREN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Sirojul ’Ulum Semanding Pare dan Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kepung). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag. (2) Prof. Dr. H. Prim Masrokan M, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Perubahan; Pondok Pesantren; Mutu dan Daya Saing. Perubahan merupakan keniscayaan dalam setiap organisasi, termasuk lembaga pendidikan Islam seperti pesantren. Dalam konteks era global dan modernisasi pendidikan, pesantren dituntut untuk tetap mempertahankan nilai-nilai keislaman sekaligus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman agar tetap eksis dan kompetitif. Oleh karena itu, penerapan manajemen perubahan menjadi suatu kebutuhan mendesak dalam menjaga dan meningkatkan mutu serta daya saing pesantren di tengah dinamika masyarakat yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menggali penerapan manajemen perubahan dalam meningkatkan mutu dan daya saing pesantren. Fokus kajian diarahkan pada Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul ’Ulum dan Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari. Adapun pertanyaan penelitian meliputi: (1) Bagaimana kebijakan perubahan dalam meningkatkan mutu dan daya saing? (2) Bagaimana pelaksanaan perubahan dalam meningkatkan mutu dan daya saing? (3) Bagaimana pengendalian perubahan dalam meningkatkan mutu dan daya saing? dan (4) Bagaimana bentuk tindakan perbaikan perubahan dalam meningkatkan mutu dan daya saing? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi multisitus, pendekatan historis-fenomenologis, dan teknik deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta validasi data melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pesantren menerapkan manajemen perubahan dengan model berbeda namun berorientasi pada peningkatan mutu dan daya saing. Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul ’Ulum dan Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari, 1) Kebijakan perubahan yang dilakukan meliputi transformasi sistem pembelajaran dari model tradisional menuju kurikulum terpadu antara agama dan umum, pendirian lembaga formal dari PAUD hingga MA, serta reformasi tata kelola kepemimpinan menuju model kolektif-kolegial guna meningkatkan mutu dan daya saing. 2) Pelaksanaan perubahan mencakup integrasi kurikulum, penguatan sarana prasarana, pengembangan program tahfidz melalui seleksi ketat dan pendampingan emosional, serta penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler sebagai media penguatan karakter dan keterampilan santri. 3) Pengendalian dilakukan melalui monitoring sistematis terhadap proses pembelajaran dan program tahfidz, pengawasan kedisiplinan santri, evaluasi periodik, serta pelibatan aktif stakeholder internal dan eksternal. 4) Tindakan perbaikan diarahkan pada peningkatan kualitas kurikulum, koordinasi antar-lembaga pendidikan formal, penyesuaian modul ajar, peningkatan kualitas guru melalui seleksi berbasis kompetensi dan kesesuaian ideologi, serta perbaikan berkelanjutan terhadap sistem pengawasan dan bahan ajar, untuk menjamin mutu pendidikan dan daya saing lulusan di era modern. Penelitian ini menemukan bahwa “Transformasi Manajemen Pendidikan dan Penerapan Shared Leadership Merupakan Pendekatan Modern dalam Manajemen Perubahan Pesantren”.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim
Depositing User: 1890501220005 MUSTAJIB
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:52
Last Modified: 08 Sep 2025 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61776

Actions (login required)

View Item View Item