STRATEGI RETENSI KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KARYAWAN DI SAQEENA GROSIR PAKAIAN MUSLIM

ZAIN NATU ROSYIDAH, 126405213238 and MOH. ROIS ABIN, 198806102023211027 (2025) STRATEGI RETENSI KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KARYAWAN DI SAQEENA GROSIR PAKAIAN MUSLIM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Retensi Karyawan dalam Meningkatkan Loyalitas Karyawan di Saqeena Grosir Pakaian Muslim” yang ditulis oleh Zain Natu Rosyidah, NIM. 126405213238. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Kata Kunci: Retensi Karyawan, Loyalitas Karyawan, Strategi Retensi, Grosir Pakaian Muslim. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat turnover karyawan yang menjadi tantangan dalam industri grosir pakaian muslim, termasuk di Saqeena Grosir. Tingginya mobilitas tenaga kerja dapat memengaruhi stabilitas operasional, produktivitas, dan kualitas layanan perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Saqeena Grosir menerapkan sejumlah strategi retensi karyawan yang bertujuan meningkatkan loyalitas karyawan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bagaimana strategi finansial dalam meningkatkan loyalitas karyawan di Saqeena Grosir Pakaian Muslim, dan (2) bagaimana strategi nonfinansial dalam meningkatkan loyalitas karyawan di Saqeena Grosir Pakaian Muslim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi data untuk memastikan validitas informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi retensi karyawan di Saqeena Grosir terdiri dari dua aspek utama, yaitu aspek finansial dan nonfinansial. (1) Aspek finansial meliputi pemberian gaji, bonus penjualan, tunjangan, dan hadiah khusus seperti umroh. (2) Sementara aspek nonfinansial mencakup penerapan gaya kepemimpinan partisipatif dan suportif, lingkungan kerja yang kekeluargaan, peluang pengembangan karir, serta pemberian waktu istirahat yang cukup guna menjaga work life balance karyawan. Kombinasi strategi finansial dan non-finansial yang diterapkan efektif dalam meningkatkan loyalitas karyawan, ditandai dengan rendahnya turnover dan kuatnya keterikatan emosional tenaga kerja terhadap perusahaan, sehingga mendukung keberlanjutan operasional bisnis secara stabil dan berkesinambungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405213238 ZAIN NATU ROSYIDAH
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:52
Last Modified: 15 Sep 2025 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62059

Actions (login required)

View Item View Item