RAHMA AYU AHMADA SHOFI, 126205211055 and KHOIRUL ANAM, 198008252006041007 (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Peran Guru dalam Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik di MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Rahma Ayu Ahmada Shofi, NIM 126205211055, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Khoirul Anam. M.Pd.I Kata kunci: peran guru, sikap sosial, peserta didik Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh tantangan yang dihadapi dalam lingkungan sekolah dasar, seperti rendahnya disiplin dan kurangnya empati antar peserta didik, yang menjadi sorotan dalam pendidikan karakter. Pendidikan dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, terutama dalam pengembangan sikap sosial. Peran guru menjadi kunci dalam membentuk dan menanamkan nilai-nilai sosial peserta didik, terutama pada lembaga pendidikan seperti MIN 11 Blitar yang memiliki visi mewujudkan generasi berakhlakul dan peduli sosial. Penelitian ini mempunyai tujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai mediator dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik di MIN 11 Blitar (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik di MIN 11 Blitar (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik di MIN 11 Blitar. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer adalah wawancara dan observasi peran guru di MIN 11 Blitar. Dan data sekunder peran guru di MIN 11 Blitar. Dalam penelitian menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru sebagai mediator adalah guru selalu menjadi penengah yang adil dalam konflik peserta didik, guru membuat diskusi dan refleksi untuk melatih kerja sama, guru membentuk komunikasi yang baik dengan peserta didik, guru rutin melakukan pertemuan wali murid untuk membahas perkembangan akademik dan sikap sosial peserta didik. (2) Peran guru sebagai pembimbing adalah guru memberi kesempatan sharing terbuka terhadap peserta didik, guru mendorong peserta didik untuk bersikap empati di setiap situasi, guru memberikan sanksi terhadap peserta didik yang tidak bertanggung jawab. (3) Peran guru sebagai motivator adalah guru memberikan proyek menarik tentang sikap sosial, guru memberikan apresiasi atau pujian dengan menggunakan papan prestasi, dan guru bersikap baik untuk menjadi teladan bagi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211055 RAHMA AYU AHMADA SHOFI |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:17 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |