Pengaruh Hasil Belajar Fiqih terhadap Pengamalan Ubudiyah Siswa Kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang Tahun Ajaran 2013-2014

Malikhah, Anni Uswatul (2014) Pengaruh Hasil Belajar Fiqih terhadap Pengamalan Ubudiyah Siswa Kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang Tahun Ajaran 2013-2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
01. sampul lengkap.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V, DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci:hasil belajar Fiqih, pengamalan ubudiyah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa anak-anak muda zaman sekarang terlihat sangat memprihatinkan, banyak diantara mereka tidak bisa melaksanakan solat, tidak hafal doa-doa wirid, tidak mau berjamaah, dan sebagainya. Peneliti melihat bahwa di MTs. Assyafi’iyyah Gondang diadakan kegiatan solat Dzuhur berjamaah. Ketika selesai uluk salam, banyak diantara mereka langsung meninggalkan masjid tanpa melakukan wirid dan doa, dan dalam hal ini pembelajaran Fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan pengalaman riil pada aspek spiritual dari praktek ibadah dalam islam. Oleh karena hal tersebut peneliti menghubungkan masalah hasil pembelajaran Fiqih dengan pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi hasil belajar Fiqih tentang salat fardhu, salat jamaah, dzikir dan doa, serta pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang? (2) Adakah pengaruh antara hasil belajar fiqih tentang salat fardhu terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang? (3) Adakah pengaruh antara hasil belajar fiqih tentang salat jamaah terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang? (4)Adakah pengaruh antara hasil belajar fiqih tentang dzikir dan doa terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang? (5) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara hasil belajar Fiqih tentang salat fardhu, salat jamaah, dzikir dan doa, terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan deskripsi bagaimanakah hasil belajar Fiqih tentang salat fardhu, salat jamaah, dzikir dan doa, serta pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang (2) Untuk menjelaskan pengaruh hasil belajar fiqih tentang salat fardhu terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang (3) Untuk menjelaskan pengaruh hasil belajar fiqih tentang salat jamaah terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang (4) Untuk menjelaskan pengaruh hasil belajar fiqih tentang dzikir dan doa terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang (5) Untuk menjelaskan pengaruh secara bersama-sama xviii antara hasil belajar Fiqih tentang salat fardhu, salat jamaah, dzikir dan doa, terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengamalan ubudiyah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Assyafi’iyyah Gondang. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang hasil belajar Fiqih siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Assyafi’iyyah Gondang, dan dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar Fiqih dan pengamalan ubudiyah siswa rata-rata termasuk dalam kategori sangat baik, (2) Terdapat pengaruh hasil belajar Fiqih tentang solat fardhu terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang, (3) Terdapat pengaruh hasil belajar Fiqih tentang solat jama’ah terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang, (4) Terdapat pengaruh hasil belajar Fiqih tentang dzikir dan doa terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang, (5) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara hasil belajar Fiqih tentang solat fardhu, solat jamaah, dzikir dan doa terhadap pengamalan ubudiyah siswa kelas VII di MTs. Assyafi’iyyah Gondang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2015 06:41
Last Modified: 05 Jan 2015 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item