STRATEGI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI PAUD SALAM THOLABUL ILMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA

AMANDA FITRANING TIAS, 126308211008 and AHMAD FAUZAN, 198407222023211009 (2025) STRATEGI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI PAUD SALAM THOLABUL ILMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Paud Salam Tholabul Ilmi melalui Model Pembelajaran Sentra” penelitian ini ditulis oleh Amanda Fitraning tias, NIM. 126308211008, dengan pembimbing Ahmad Fauzan, S.S.,M.Pd.I Kata Kunci : Strategi, Perkembangan Motorik Halus, Anak Usia Dini, Paud, Model Pembelajaran, Sentra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perkembangan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun di paud salam tholabul i’lmi melalui model pembelajaran sentra, dan mengetahui dampak dari strategi model pembelajaran sentra yang diterapkan terhadap perkembagan motorik halus anak yang mengalami keterlambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dari penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Analisis data dilakukan melewati langkah pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, subyek dari penelitian ini berjumlah delapan orang yaitu berupa tiga orang guru dan lima orang tua anak yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik halus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan paud salam tholabul ilmi untuk mengembangkan perkembangan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun yaitu melalui model pembelajaran sentra, strategi model pembelajaran sentra di paud salam tholabul ilmi terdiri dari empat sentra yaitu sentra seni, sentra persiapan, sentra alam, dan sentra masak, masing-masing sentra di paud salam tholabul ilmi memiliki jenis permainan dan aktivitas yang dapat mendukung dan menstimulasi penguatan otot-otot halus anak. Strategi model pembelajaran sentra yang diterapkan di paud salam tholabul ilmi mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan motorik halus anak usia 5–6 tahun, terkhusus anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik halus. Hal ini dapat dilihat saat anak melakukan aktifitas seperti menggunting, meronce, mengaduk, menuang cairan, hingga berpakaian sendiri. Aktivitas yang bervariasi dan dilakukan secara konsisten membantu memperkuat koordinasi mata dan tangan serta keterampilan penggunaan otot kecil secara menyenangkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308211008 AMANDA FITRANING TIAS
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:10
Last Modified: 07 Oct 2025 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62914

Actions (login required)

View Item View Item