IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

AULIA RAHMANIA PUTRI, 126205211015 and MOH. ARIF, 198104212009121003 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rahmania Putri, Aulia. 2025. Implementasi Pembelajaran Model Quantum Learning Pada Mata Pelajaran IPAS dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr.Moh.Arif,M.Pd. Kata Kunci :Quantum Learning, Berpikir Kritis Siswa Model Quantum Learning merupakan suatu model yang menekankan pada minat belajar siswa yang dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang nyaman dan menyenangkan dan efektif. Quantum Learning ini sangat membantu siswa dalam meningkatkan berpikir kritis siswa dalam suatu pembelajaran yang menggabungkan elemen-elemen psikologi, neurosains, dan teknik pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Model Quantum Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa di Mi Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung, (2) mendeskripsikan Penggunaan Pembelajaran Model Quantum Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa di Mi Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung, (3) mendeskripsikan Dampak dari penerapan Model Quantum Learning terhadap Meningkatnya berpikir kritis siswa di Mi Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu model Miles dan Huberman dan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan Pembelajaran Model Quantum Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa yaitu perencanaan sesuai administrasi seperti jadwal pelajaran, modul ajar, dan silabus, (2) penggunaan Pembelajaran Model Quantum Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa yaitu pemilihan materi yang sesuai dan berbasis praktik dan menarik perhatian siswa seperti: ice breaking, memberikan tugas dengan bermain sambil belajar, mengerjakan tugas dipapan tulis dengan teknik memorial, menggunakan media audiovisual dengan PPT, memberikan tugas atau proyek, mengajak siswa bernyanyi dengan gaya atau teknik auditori, (3) dampak dari penerapan Model Quantum Learning terhadap Meningkatnya berpikir kritis siswa melainkan mengarah pada pengetahuan, ketrampilan, sikap atau perubahan perilaku siswa pada saat pembelajaran berlangsung seperti siswa antusias dan aktif pada pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211015 AULIA RAHMANIA PUTRI
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:28
Last Modified: 27 Oct 2025 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63015

Actions (login required)

View Item View Item