KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FARHUN NISA, 2811133089 (2017) KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru PAI dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Farhun Nisa, NIM. 2811133089. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2017. Dosen Pembimbing Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci : Kompetensi Guru PAI, Pembelajaran Baca Al-Qur’an Penelitian ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi pada anak remaja khususnya dikalangan pelajar yang kurang mampu dan kurang ada minat dalam membaca Al-Qur’an. Sungguh memprihatinkan potret pelajar saat ini. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus dari berbagai pihak, terutama orang tua siswa dan pihak sekolah untuk mendidik dan lebih mengarah. Melihat tanggungjawab guru yang sangat berat maka perlu dipersiapkan kompetensi-kompetensi yang memenuhi syarat standar pendidikan Nasional yang telah dikeluarkan pemerintah untuk mewujudkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa lebih efektif dan efisien. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol ? (2) Bagaimana kompetensi professional guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol (3) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol ? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisa kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. (2) Untuk mengetahui dan menganalisa kompetensi professional guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. (3) Untuk mengetahui dan menganalisa kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Dalam penelitian ini penulis menggunkan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi, sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ktekunan atau keajekan pengamatan, dan triangulasi sumber. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilakukan di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Guru Agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol melalui kompetensi kepribadian Guru PAI tergambarkan sudah disiplin waktu dalam pembelajaran baca Al-Qur’an, sikap tanggungjawab membina siswa dalam pembelajaran baca Al-Qur’an, keteladanan guru PAI senantiasa mengikuti dan membimbing siswanya untuk belajar membaca Al-Qur’an, Untuk meningkatkan kompetensi guru PAI dalam rangka meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an maka yang pertama, perlu adanya tata tertib yang diberlakukan oleh lembaga. Yang ke dua, adanya sanksi yang diberlakukan sesuai yang sudah disepakati. Yang ketiga, adalah pemberian reward baik itu dalam bentuk materi pembelajaran Al-Qur’an atau lainnya. 2) Pada kompetensi professional guru PAI ditunjukkan pada penguasaan materi Al-Qur’an, Mampu dalam menyampaikan materi Al-Qur’an, guru PAI mampu mengorganisasikan materi Al-Qur’an, guru PAI mengikuti beberapa kegiatan yakni seperti workshop, diklat dan pelatihan-pelatihan untuk meningkatan profesionalisme guru PAI dalam pembelajaran baca Al-Qur’an. 3) Kompetensi pedagogik guru PAI dengan cara merencanakan kegiatan sebelum kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an berlangsung dengan adanya pembuatan RPP, pemahaman karakter siswa, Ketrampilan menguasai berbagai metode pembelajaran baca Al-Qur’an seperti metode penugasan, metode menyimak dan metode tutor sebaya, Guru PAI mengadakan evaluasi yang dilakukan dengan penilaian langsung berupa tes membaca Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133089 FARHUN NISA
Date Deposited: 17 Oct 2017 01:59
Last Modified: 17 Oct 2017 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6303

Actions (login required)

View Item View Item