STRATEGI HUMAS DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEKOLAH MELALUI MEDIA INSTAGRAM DI MAN 3 BLITAR

MUHAMMAD ARDAVID DARORI, 126207213122 and ULFI NURFAIZA, 199604092022032001 (2025) STRATEGI HUMAS DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEKOLAH MELALUI MEDIA INSTAGRAM DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (588kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Starategi Humas Dalam Mengembangkan Citra Sekolah Melalui Instagram di MAN 3 Blitar. Peneliti tertarik untuk membahas tema ini dikarenakan semakin berkembangnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk mengembangkan citra lembaga pendidikan, salah satunya di MAN 3 Blitar. Inovasi pemanfaatan media dalam pengelolaan lembaga pendidikan seperti ini membuat peneliti ingin melakukan penelitian yang lebih jauh lagi. Pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif studi kasus dengan melakukan penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh peneliti bersumber dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti yakni dengan kondensasi data (pemilihan data sesuai tema), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi humas MAN 3 Blitar dalam menggunakan instagram sebagai Media Publikasi untuk mengembangkan citra sekolah, dilakukan oleh tim humas, yaitu koordinator humas MAN 3 Blitar dan admin pengelola media Instagram MAN 3 Blitar. Strategi yang dilakukan ialah merancang konsep desain yang menarik dan konsisten untuk setiap unggahan di Instagram. Tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan yang lebih teratur, estetis, dan profesional, sehingga menarik perhatian masyarakat luas. Strategi ini bertujuan untuk membangun brand image MAN 3 Blitar yang kuat dan berkesan, serta meningkatkan reputasi sekolah melalui konten yang edukatif dan informatif. 2) Didalam pengembangan citra sekolah melalui media Instagram, instagram menjadi media promosi visual dan naratif yang efektif dalam menampilkan identitas, aktivitas, dan prestasi MAN 3 Blitar. Perencanaan konten yang konsisten dan menarik membentuk citra positif sekolah. Keterlibatan masyarakat pun meningkat, menciptakan persepsi bahwa MAN 3 Blitar adalah sekolah yang dinamis dan kreatif. Strategi digital marketing melalui Instagram terbukti mampu memperkuat eksistensi sekolah di tengah persaingan lembaga pendidikan di era digital. 3) Impact Pengembangan Citra Sekolah Melalui Media Instagram di MAN 3 Blitar adalah Penggunaan Instagram oleh MAN 3 Blitar berdampak signifikan terhadap penguatan citra sekolah. Media ini meningkatkan visibilitas dan persepsi positif masyarakat melalui konten edukatif dan visual menarik. Strategi digital humas mampu membangun citra sekolah yang modern dan adaptif. Instagram juga berfungsi sebagai media edukasi, promosi, dan interaksi publik. Dampaknya terlihat nyata pada peningkatan jumlah pendaftar dan reputasi institusi dari tahun ke tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207213122 MUHAMMAD ARDAVID DARORI
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:09
Last Modified: 10 Oct 2025 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63065

Actions (login required)

View Item View Item