NUR FENANDA AGUSTIN, 126206212054 and LIATUL ROHMAH, 197702012023212007 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN TK B TK SD SATU ATAP NEGERI JEPUN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun TK B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung” di tulis oleh Nur Fenanda Agustin, NIM.126206212054. Pembimbing : Dr. Liatul Rohmah, M.Pd.I. Kata kunci: Smart Box, kemampuan membaca permulaan dan motorik halus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung pada kelompok B, Beberapa anak belum bisa membaca dengan baik dan memiliki kosa kata yang rendah, sehingga mereka tidak dapat mengikuti kegiatan membaca dengan lancar. Selain itu, ada anak-anak yang tidak menyimak guru dan lebih asik bermain sendiri. Ketika guru melakukan tanya jawab, anak-anak juga kesulitan dalam menjawab pertanyaan karena kurang menyimak saat pembelajaran berlangsung. Dari hasil observasi yang telah peneliti lakukan dapat di ketahui bahwa hal ini dapat terjadi karena kurang nya media pembelajaran yang dapat menunjang kemampuan membaca permulaan dan motorik halus anak. Dengan demikian maka diperlukannya media yang tepat untuk menarik perhatian anak sehingga dapat membantu mengoptimalkan kemampuan membaca permulaan dan motorik halus anak. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah “Apakah pengaruh Pembelajaran Berbasis media Smart Box terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun TK B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1?”,”Apakah pengaruh Pembelajaran Berbasis media Smart Box terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun TK B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1?” dan “Apakah pengaruh Pembelajaran Berbasis media Smart Box terhadap kemampuan membaca permulaan dan motorik halus anak usia 5-6 tahun TK B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1?” adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan motorik halus anak melalui media Smart Box pada anak usia 5-6 tahun TK B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungangung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total yaitu seluruh anak kelompok B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, ceklis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media Smart Box terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun TK B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan Uji T (Independent Sample T-Test) diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. terdapat pengaruh yang signifikan media Smart Box terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun TK B TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan Uji T (Independent Sample T-Test) diperoleh tingkat signifikan0,000 < α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk mengetahui signifikan kedua media tersebut menggunakan independent uji MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206212054 NUR FENANDA AGUSTIN |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:18 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |