Pengaruh Metode Pembelajaran PAKEMATIK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Srengat

Nadziroh, Eli (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran PAKEMATIK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Srengat. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian_Awal_Skripsi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB II anyar.docx

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV btul.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V btul.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pakematik, Matematika, Hasil Belajar Pembelajaran matematika saat ini juga masih cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Pendekatannya lebih ditekankan pada keterampilan berhitung daripada penguasaan konsep – konsep matematika. Akibatnya keterampilan berpikir tinggi seperti kemampuan kreatif matematika kurang berkembang. Berkaitan dengan masalah ini maka diperlukan suatu upaya nyata untuk menggunakan pendekatan atau metode pembelajaran yang berbasis pada pengembangan keaktifan, kreativitas, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Suatu metode pembelajaran baru yang mencakup keempat hal tersebut adalah metode pembelajaran PAKEMATIK yang merupakan salah satu dari sedikit metode pembelajaran yang mengaitkan unsur Teknologi Informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Dengan melibatkan TIK dapat meningkatkan kreatifitas siswa baik ketrampilan kognitif maupuan afektif sesuai dengan kemajuan jaman Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah ada pengaruh Metode Pembelajaran PAKEMATIK terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VII MTs Ma’arif Srengat. Adapun yang menjadi tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PAKEMATIK terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Srengat. Hasil penelitian ini bermanfaat untuk sekolah, guru, siswa serta pembaca secara umum. Manfaat untuk sekolah adalah dapat dijadikan rujukan sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun program-program perbaikan dan kurang tepatnya guru dalam penggunaan metode pembelajaran sehingga visi dan misi sekolah dapat tercipta dengan baik. Manfaat bagi guru adalah sebagai masukan dalam pembelajaran di kelas agar pembelajaran tidak lagi monoton dan tidak membosankan serta dapat mengaktifkan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Manfaat bagi siswa adalah dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa sehingga dapat mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Manfaat bagi pembaca adalah hasil penelitian ini menambah wawasan pembaca secara umum serta wujud pembangunan dalam arti luas. xii xiii Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperiment untuk mengetahui pengaruh antara variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif Srengat yang berjumlah 96 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling karena dari tiga kelasa yang ada satu diantaranya dikelola oleh PonPes sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai sampel penelitian. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-B dan VII-C dengan jumlah siswa 63 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data post tes, dokumentasi serta observasi. Post tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa MTs Ma’arif Srengat yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai, jumlah populasi serta foto-foto penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan beberapa metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS.16 . Sebelum menguji dengan Independent Sample t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan Penerapan Metode Pembelajaran PAKEMATIK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai ttest= 0,002 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel= 2,00 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian ttest > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran PAKEMATIK terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Srengat”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:03
Last Modified: 06 Jan 2015 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item