MODEL PARTISIPASI POLITIK GENERASI Z DI INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PILKADA 2024

ELOK AFIDA NURAINI, 126304212077 and UCIK ANA FARDILLA, 198309172023212029 (2025) MODEL PARTISIPASI POLITIK GENERASI Z DI INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PILKADA 2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Model Partisipasi Politik Generasi Z melalui Media Sosial pada Pilkada 2024” ini ditulis oleh Elok Afida Nur Aini, NIM. 126304212077, dengan pembimbing Ucik Ana Faradilla, S.Si., M. I.Kom Kata Kunci: Generasi Z, Partisipasi Politik, Media Sosial, SMPPM, Pilkada 2024 Generasi Z sebagai digital natives menunjukkan pola partisipasi politik yang berbeda, dengan media sosial menjadi ruang utama dalam interaksi, penyebaran informasi, dan pembentukan opini politik. Penelitian ini bertujuan menganalisis model partisipasi politik Generasi Z melalui media sosial dalam konteks Pilkada 2024, menggunakan pendekatan Social Media Political Participation Model (SMPPM) yang mencakup tahapan pre-exposure, media exposure, penerimaan pesan, dan situasi perilaku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan variabel tunggal (univariat) yang bertujuan untuk mendeskripsikan model partisipasi politik Generasi Z melalui media sosial. Penelitian ini melibatkan 151 responden usia 17–25 tahun dengan teknik cluster sampling dan analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS versi 27. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden aktif terpapar konten politik, namun keterlibatan dalam aktivitas politik langsung masih rendah. Sebanyak 66,9% responden mengaku informasi politik di media sosial memengaruhi pilihan politik mereka, sementara hanya 25,17% menunjukkan partisipasi tinggi, 63,58% rendah, dan 11,26% tidak berpartisipasi sama sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304212077 ELOK AFIDA NUR AINI
Date Deposited: 24 Nov 2025 06:50
Last Modified: 24 Nov 2025 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64251

Actions (login required)

View Item View Item