PRAWIRO INDRO BHAKTI, 126405212138 and CITRA MULYA SARI, 199305272019032031 (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN BRAND POSITIONING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA STARTUP ES DEGAN TROPISCO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (473kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (329kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Digital Marketing dan Brand Positioning dalam Membangun Brand Awareness pada Startup Es Degan Tropisco Tulungagung” yang ditulis oleh Prawiro Indro Bhakti, NIM. 126405212138, Pembimbing Citra Mulya Sari, M.E. Kata kunci: Digital Marketing, Brand Positioning, Brand Awareness. Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi tantangan terbesar bagi Startup Es Degan Tropisco Tulungagung dalam membangun brand awareness dengan kehadirannya kompetitor serupa. Strategi digital marketing dan brand positioning memiliki peran penting dalam menjangkau konsumen secara lebih luas dengan keunggulan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini (1) menganalisis implementasi strategi digital marketing dalam membangun brand awareness pada Startup Es Degan Tropisco Tulungagung; (2) menganalisis implementasi brand positioning dalam membangun brand awareness; (3) mengetahui tingkat brand awareness konsumen; dan (4) mengetahui kendala dan solusi dari implementasi strategi digital marketing dan brand positioning dalam membangun brand awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Startup Es Degan Tropisco Tulungagung mengimplementasikan strategi digital marketing menggunakan search engine optimization dan search engine marketing; (2) implementasi strategi brand positioning menggunakan dimensi atribut produk, harga, kualitas dengan mengoptimalkan faktor dinamika pasar, segmentasi pelanggan, fitur produk, strategi penetapan harga, dan lingkungan persaingan secara keseluruhan; (3) mayoritas tingkat brand awareness informan adalah top of mind dan brand recognition, serta minoritas pada level brand recall dan unaware of brand. Strategi yang diimplementasikan dinilai berhasil dalam membangun brand awareness konsumen. Impact-nya adalah volume penjualan meningkat, kepercayaan konsumen, kemudahan dalam mengeluarkan produk baru; dan (4) Kendala dari faktor internal adalah biaya periklanan dan konten media sosial yang jarang viral. Solusi yang digunakan adalah memanajemen biaya periklanan secara efektif dan mengoptimalkan konten media sosial. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu kemunculan kompetitor serupa, pasokan degan, dan cuaca yang diatasi dengan mengoptimalkan strategi brand positioning melalui slogan khas, memperluas kerjasama dengan petani degan lokal, dan menyediakan layanan pesan antar.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Promosi Ekonomi > Strategi Pemasaran |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | 126405212138 PRAWIRO INDRO BHAKTI |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 05:02 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 05:02 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
