SRI NURUL AMINAH, 1880504230011 and IMAM FUADI, 196903311994031002 and LUK LUK NUR MUFIDAH, 197903192003122002 (2025) تطبيق تعليم اللغة العربية على أساس الذكاءات المتعددة لترقية مهارة الكلام في برنامج الإعداد بمركز العربية باري كديري. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (599kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (422kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Program I’dad di Markaz Arabiyah Pare Kediri” ditulis oleh Sri Nurul Aminah, NIM 1880504230011, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag. dan Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran bahasa Arab; kecerdasan majemuk, keterampilan berbicara, program I’dad Pembelajaran bahasa Arab adakalanya berfokus pada keterampilan berbicara sebagai alat komunikasi. Program I’dad di Markaz Arabiyah Pare Kediri menerapkan pendekatan kecerdasan majemuk yang digagas oleh Howard Gardner. Hal ini menyesuaikan metode, teknik, dan evaluasi dengan keunikan peserta didik yang tentunya memiliki kecerdasan dominan yang beragam untuk meningkatkan keterampilan berbicara secara efektif. Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada peserta didik program I’dad, dan memberikan kontribusi inovatif dalam pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini berfokus membahas penerapan asas kecerdasan linguistic, kinestetik, interpersonal, dan musikal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan landasan teori Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asas kecerdasan majemuk dalam pembelajaran bahasa Arab di program I’dad Markaz Arabiyah terbukti signifikan meningkatkan keterampilan berbicara. Pengajar menggunakan metode komunikatif, simulasi, kooperatif, dan bernyanyi yang mengakomodasi kecerdasan linguistik, kinestetik, interpersonal, dan musikal. Teknik seperti presentasi, dialog, debat, bermain peran, drama, diskusi, dan permainan bahasa berbasis gerak dan lagu mendukung pengembangan berbagai kecerdasan peserta didik. Evaluasi formatif dan sumatif dilakukan melalui aktivitas nyata seperti presentasi, bercerita, bermain peran, dan ujian lisan yang semuanya diterapkan untuk menghargai berbagai macam kecerdasan peserta didik. Ini menjadikan penilaian lebih humanis, menyeluruh, dan responsif terhadap keunikan tiap peserta didik dalam keterampilan berbicara.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | 1880504230011 SRI NURUL AMINAH |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 08:15 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 08:15 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
