HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN TANGGUH (HARDINESS) DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA FULL DAY SCHOOL DI SMKN 1 REJOTANGAN

GALIH SETIAWATI, 126308202117 and RIZQA AHMADI, 198711062015031004 (2025) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN TANGGUH (HARDINESS) DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA FULL DAY SCHOOL DI SMKN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (6MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan antara Kepribadian Tangguh (Hardiness) dengan Academic Burnout pada Siswa Full day school di SMKN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Galih Setiawati, NIM. 126308202117, dengan pembimbing Bapak Dr. Rizqa Ahmadi, LC., M.A. Kata Kunci : Academic Burnout, Hardiness, Full Day School Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena burnout akademik yang terjadi di kalangan pelajar. Tingginya tekanan akademik dapat menyebabkan stres dan academic burnout pada individu yang tidak mampu beradaptasi dengan baik. Faktor individu yang berperan dalam academic burnout adalah kepribadian hardiness yang memungkinkan individu mengelola tekanan dan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kepribadian hardiness dan tingkat academic burnout pada siswa yang menjalani full day school. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling, dengan penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus slovin pada margin eror 10%, sehingga didapatkan sampel sebanyak 91 siswa kelas XI di SMKN 1 Rejotangan. Alat ukur yang digunakan dalam pengambilan data adalah skala hardiness dan academic burnout. Metode analisis data menggunakan korelasi pearson product moment, dengan bantuan program SPSS versi 27 for Windows. Hasil analisis menunjukkan nilai korelasi sebesar -0,781 dengan taraf signifikansi 0,001. Temuan ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara hardiness dan academic burnout. Hasil arah negatif dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat hardiness yang dimiliki siswa, maka academic burnout-nya cenderung rendah. Sebaliknya, rendahnya hardiness pada siswa, maka akan mengalami academic burnout yang tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308202117 GALIH SETIAWATI
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:06
Last Modified: 03 Dec 2025 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64548

Actions (login required)

View Item View Item