AYU FEBRIANA, 126201213238 and SITI KHOIRUN NISAK, 199309222020122015 (2025) PENGARUH FOR YOUR PAGE TIKTOK TERHADAP SIKAP BERAGAMA SISWA DI MTS DARUL FALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh FYP TikTok Terhadap Sikap Beragama Siswa di MTs Darul Falah Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Febriana, NIM. 126201213238, dengan pembimbing Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd. Kata Kunci: TikTok, FYP, Media Sosial, Sikap Beragama, Siswa Madrasah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan TikTok di kalangan remaja, khususnya siswa madrasah, serta munculnya beragam konten keagamaan dalam fitur For You Page (FYP) yang dapat membentuk sikap beragama siswa baik secara positif maupun negatif. Media sosial, khususnya TikTok, menjadi sarana baru dalam penyampaian nilai-nilai keagamaan yang sangat mempengaruhi pemikiran, emosi, dan perilaku keagamaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat penggunaan TikTok oleh siswa MTs Darul Falah Tulungagung dalam mengakses konten keagamaan di FYP; (2) Jenis dan respon siswa terhadap konten keagamaan yang muncul di FYP TikTok; dan (3) Pengaruh FYP TikTok terhadap sikap beragama siswa, baik dalam aspek kognitif (pemahaman), afektif (perasaan), maupun konatif (perilaku). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket/kuesioner yang dibagikan kepada siswa kelas VII dan VIII MTs Darul Falah Tulungagung. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana untuk mengetahui hubungan antara penggunaan FYP TikTok dengan sikap beragama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara konten keagamaan yang muncul di FYP TikTok terhadap sikap beragama siswa. Konten positif mampu memperkuat pemahaman dan perilaku religius siswa, sedangkan konten negatif dapat melemahkan nilai-nilai keagamaan yang sudah ditanamkan. Oleh karena itu, diperlukan peran guru dan orang tua dalam mendampingi dan mengarahkan siswa dalam mengonsumsi konten media sosial agar TikTok dapat dimanfaatkan secara bijak sebagai media dakwah dan pembelajaran agama yang efektif.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201213238 AYU FEBRIANA |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:42 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:42 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
