NABILA SAYDA PUTRI, 126202211019 and MUHAMAD MUSTOFA LUDFI, 198409122023211023 (2025) تأثير إستخدام وسائط التلفزيون الذكي على مهارة الإستماع في تعليم اللغة العربية لدى طلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٧ كاديري للعام الدراسي ٢۰٢٥/٢۰٢٤ م. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (759kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (527kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (602kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Smart Tv terhadap Keterampilan mendengar Bahasa Arab Kelas 7 MTsN 7 Kediri Tahun Pelajaran 2024/2025”. Ditulis oleh Nabila Sayda Putri, NIM: 126202211019 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Bahasa arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Muhamad Mustofa Ludfi, S. Pd., M. Pd. I. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Smart TV, Keterampilan Mendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Smart TV terhadap keterampilan mendengar bahasa Arab siswa kelas VII di MTsN 7 Kediri tahun pelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya keterampilan mendengar sebagai dasar dalam penguasaan bahasa Arab, serta perlunya pemanfaatan media pembelajaran modern yang interaktif dan menarik, seperti Smart TV, dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design dan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan melibatkan 68 siswa dari dua kelas (kelas kontrol dan eksperimen). Instrumen yang digunakan adalah tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dan perhitungan Cohen’s effect size dengan bantuan aplikasi SPSS 30.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara penggunaan media Smart TV terhadap peningkatan keterampilan mendengar bahasa Arab siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji T yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > t_tabel yaitu sebesar 6,959 > 1,670. Selain itu, nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H₀) ditolak. Dan besarnya pengaruh penggunaan media Smart TV terhadap keterampilan mendengar bahasa Arab termasuk dalam efek besar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji T atau t_hitung sebesar 6,959. Dengan db atau df = 66. Sehingga effect size yang diperoleh adalah
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | 126202211019 NABILA SAYDA PUTRI |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 05:46 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 05:46 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
