PENGARUH DAKWAH DIGITAL DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 JOMBANG

NURNY SHOFWA RIFQIYANI, 126201212221 and ZAINUDIN, 196911182000031002 (2025) PENGARUH DAKWAH DIGITAL DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (632kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (756kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Dakwah Digital di Media Sosial Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Jombang” ini ditulis oleh Nurny Shofwa Rifqiyani prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dan dibimbing oleh Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Dakwah Digital, Media Sosial, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam Media sosial merupakan salah satu platform yang dapat digunakan sebagai saran menyebarkan informasi. Berbagai macam bentuk informasi dapat disebarkan melalui media sosial. Informasi tersebut dapat berupa berita, gosip, kegiatan keseharian, kegiatan keagamaan, dan lain-lain. Kegiatan keagamaan yang disebarkan melalui media sosial salah satunya adalah kegiatan dakwah menyebarkan informasi mengenai keagamaan kepada para pengguna media sosial. Dakwah merupakan seruan yang dilakukan oleh seorang muslim yang telah menguasai ilmu agama kemudian menyebarkan apa yang telah dipelajarinya kepada orang lain. Dakwah yang awalnya dilakukan secara konvensional diadakan di masjid, sekarang dapat dilakukan melalui media sosial. Perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan para tokoh agama melakukan inovasi dalam menyebarkan ilmu agama, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial yang digunakan dapat berupa youtube, tiktok, x, Instagram, dan lain-lain. Beredarnya dakwah digital yang ada di media sosial kemudian menimbulkan sebuah pertanyaan mengenai efektivitas dakwah pada platform digital terhadap minat belajar peserta didik terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam. Apakah setelah mengakses dakwah digital di media sosial minat belajar peserta didik akan meningkat atau justru malah sebaliknya. Rumusan masalah pada penelitian ini ada dua, yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh dakwah digital di media sosial terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Jombang? 2) Seberapa besar pengaruh dakwah digital di media sosial terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Jombang? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh dakwah digital di media sosial terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 2 Jombang. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh dakwah digital di media sosial terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah cause and effect. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Jombang tepatnya di Jl. Rejoso, Wonokerto Selatan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tertutup. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 50 peserta didik. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan memanfaatkan metode slovin dan mengambil 25% dari keseluruhan populasi yang berjumlah 200 peserta didik. Peserta didik yang dijadikan populasi adalah peserta didik yang duduk di bangku kelas XI di MAN 2 Jombang. Instrument penelitian menggunakan kuesioner tertutup yang berkaitan dengan dakwah digital di media sosial dan minat belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 16 for windows. Penelitian ini menunjukkan hasil berikut: (1) Terdapat pengaruh antara penggunaan dakwah digital yang ada di media sosial terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidika Agama Islam. Hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan dengan perhitungan SPSS yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (0,000) < (0,05), sehingga Ho ditolah. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan dakwah digital yang ada di media sosial terhadap minat belajarn pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Besaran pengaruh variabel X (dakwah digital di media sosial) terhadap variabel Y (minat belajar pendidikan agama islam) berdasarkan uji koefisiensi determinasi (R Square) adalah 0,509. Hal ini berarti dakwah digital yang ada di media sosial berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Jombang sebesar 50,9%. Sedangkan sisanya 49% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212221 NURNY SHOFWA RIFQIYANI
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:09
Last Modified: 22 Dec 2025 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65233

Actions (login required)

View Item View Item