PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBENTUK INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI SMP

ADINDA KHAIRUNNISA, 126210212098 and RAHMAWATI MULYANINGTYAS, 198906122020122012 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBENTUK INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI SMP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (537kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (819kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (876kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbentuk Infografis dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di SMP” ini ditulis oleh Adinda Khairunnisa, NIM: 126210212098 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Rahmawati Mulyaningtyas M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media digital, infografis, menulis, teks eksposisi. Permasalahan utama dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di SMP adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengembangkan ide, menyusun teks secara terstruktur, serta memahami konsep menulis eksposisi. Hal tersebut diperparah dengan kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik dan bimbingan menulis yang belum optimal, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menghasilkan teks eksposisi yang baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan penelitian meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, hingga penyempurnaan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket kebutuhan, validasi ahli, serta uji coba pada siswa kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital berbentuk infografis yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh ahli materi dan media, serta efektif meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Uji coba membuktikan adanya peningkatan minat, keterlibatan, dan hasil belajar siswa secara signifikan setelah menggunakan media infografis digital dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210212098 ADINDA KHAIRUNNISA
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:28
Last Modified: 22 Dec 2025 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65305

Actions (login required)

View Item View Item