VEGA FANDI PERMANA, 2811133270 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini, berjudul “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Vega Fandi Permana, NIM 2811133270, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Abdul Manab, M.Ag. Kata Kunci : Implementasi Kurikulum 2013, Akidah Akhlak, Karakter Siswa Kurikulum dan pendidikan merupakan dua konsep yang erat. Sebab, dengan pemahaman yang jelas atas kedua konsep tersebut diharapkan para pengelola pendidikan, terutama pelaksana kurikulum, mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, Khususnya pembentukan karakter dalam kurikulum 2013 dapat berjalan dengan semestinya. Di era modern ini, Mata pelajaran Aqidah Akhlaq sangat penting bagi peserta didik dalam pendidikan karakter. Karena nilai-nilai dalam pendidikan tersebut telah termuat dalam implementasi Kurikulum 2013. Penanaman pendidikan aqidah akhlak dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan melihat indikator-indikator dalam pendidikan aqidah akhlaq. Kemudian dari indikator tersebut dapat menjadi acuan untuk mengembangkan akhlak peserta didik dalam membentuk kepribadian yang baik dan mulia. Untuk itu, perlu adanya penelitian mengenai bagaimana implementasi Kurikulum 2013 Aqidah Akhlaq dalam membentuk karakter peserta didik. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Akidah Akhlak pada kompetensi pengetahuan dalam membentuk karakter siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Akidah Akhlak pada kompetensi sikap dalam membentuk karakter siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Akidah Akhlak pada kompetensi keterampilan dalam membentuk karakter siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tentang Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa adalah (1) Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Kompetensi Pengetahuan dalam Membentuk Karakter Siswa di Mts Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung adalah salah satu kompetensi yang ditekankan di sekolah ini. Bentuk-bentuk kegiatannya adalah dengan adanya Study Banding ke Pondok Modern Gontor, Taftisul kutub yang dapat menambah pengetahuan siswa siswi Mts Darul Hikmah. (2) Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Kompetensi Sikap dalam Membentuk Karakter Siswa di Mts Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yang juga benar-benar diterapkan di sekolah ini. Adapun kegiatannya dan peristiwanya adalah siswa yang rela membagi sajadahnya dengan si peneliti saat si peneliti tidak membawa sajadah, piket malam untuk mengamankan pondok selama 24 jam, pembentukan unit kebersihan, pembentukan unit perawatan. (3) Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Kompetensi Keterampilan dalam Membentuk Karakter Siswa di Mts Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung juga begitu ditekankan di sekolah ini. Dengan adanya kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) Pramuka, dan setiap siswa yang berada di lingkungan sekolah wajib menggunakan bahasa asing yaitu bahasa arab dan inggris.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133270 VEGA FANDI PERMANA |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 07:21 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6824 |
Actions (login required)
View Item |