PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI SWASTA SE KECAMATAN KADEMANGAN BLITAR

KHOLIFATUL JANAH, 2817133081 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI SWASTA SE KECAMATAN KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kholifatul Janah, 2817133081, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas V MI Swasta Se Kecamatan Kademangan Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Student Teams Achievement Divisions, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar SKI materi Abu Bakar As-Shiddiq Sang Pembenar peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar?, (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar SKI materi Abu Bakar As-Shiddiq Sang Pembenar peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar?, (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar SKI materi Abu Bakar As-Shiddiq Sang Pembenar peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar SKI materi Abu Bakar As-Shiddiq Sang Pembenar peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar SKI materi Abu Bakar As-Shiddiq Sang Pembenar peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar SKI materi Abu Bakar As-Shiddiq Sang Pembenar peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B MI Miftahul Ulum Plosorejo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) uji t angket motivasi diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar SKI peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar, (2) Hasil uji t post test diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,024 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar SKI peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar, (3) Hasil uji Anova 2 jalur angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,009 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar SKI peserta didik kelas V MI Swasta se Kecamatan Kademangan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133081 KHOLIFATUL JANAH
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:00
Last Modified: 22 Dec 2017 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6969

Actions (login required)

View Item View Item