PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RINA FAIZATUL IMROAH, 2814133157 (2018) PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Rina Faizatul Imroah dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Intelligence Quotient (IQ), Adversity Quotient (AQ), Hasil Belajar Matematika. Sebuah fenomena bahwa Intelligence Quotient (IQ) dan Adversity Quotient (AQ) dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Intelligence Quotient (IQ) adalah kemampuan berpikir secara abstrak, memecahkan masalah dengan menggunakan simbol-simbol verbal, dan kemampuan untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan pengalaman-pengalaman hidup sehari-hari. Sedangkan Adversiti Quotient (AQ) adalah kecerdasan seseorang dalam menghadapi rintangan atau kesulitan secara teratur. Seorang ahli psikologi, Myers (1996) mengatakan bahwa inteligensi telah dianggap sebagai suatu norma yang menentukan perkembangan kemampuan dan pencapaian optimal hasil belajar anak disekolah. Karena intelegensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada giliranya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Dalam hal ini perlu adanya penelitian yang menghubungkan pengaruh masalah Intelligence Quotient (IQ) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 MAN Trenggalek dan cara pengambilan sampelnya yaitu dengan teknik Cluster Sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dengan tes, angket dan dokumentasi. Dan analisis datanya menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017, yaitu berdasarkan analisis data yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 18,463 > Ftabel = 3,33 dan taraf nilai Sig = 0,000 ≤ 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwan ada pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Sedang besar pengaruhnya adalah 53% termasuk dalam kriteria sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133157 RINA FAIZATUL IMROAH
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:23
Last Modified: 23 Jan 2018 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7090

Actions (login required)

View Item View Item