PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUH. ADIBIL MAHBUD, 2814133122 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Muhammad Adibil Mahbub dibimbing oleh Dra. Umy Zahroh M.Kes., Ph. D Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Fenomena hasil belajar siswa yang rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional di mana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan membuat siswa lebih aktif dapat menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Pembelajaran Berbasis Masalah adalah suatu cara mengajar yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan diskusi, seminar, membaca sendiri dan mencoba sendiri agar anak dapat belajar sendiri. Penggunaan teknik pembelajaran berbasis masalah ini guru berusaha meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol berjumlah 366 siswa, teknik samplingnya adalah simple random sampling, sampelnya siswa kelas VIII F dan VIII C, metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes, analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, diperoleh nilai t_hitung (3,539)>t_tabel (1,994) pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol adalah 1,765, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 95,5% termasuk dalam kategori large atau tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133122 muhammad adibil mahbub
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:08
Last Modified: 12 Jan 2018 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7135

Actions (login required)

View Item View Item