PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAUMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

RESTU HARIANTI, 2814133152 (2018) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAUMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kauman Tahun Ajaran 2016/2017” ditulis oleh Restu Harianti dibimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M,Kes, Ph.D. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor dari dalam adalah kecerdasan. Manusia dianugerahi kecerdasan yang bermacam-macam oleh Allah SWT. Menurut Howard Gardner kecerdasan ada delapan macam, salah satunya adalah kecerdasan logis-matematis. Kecerdasan logis matematis berkaitan dengan nalar logika dan matematika sehingga akan memberikan pengaruh kualitas belajar dan hasil belajar matematika yang diraih di sekolah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah adakah pengaruh antara kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman tahun ajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, terdapat variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 382 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VIII I sebanyak 39 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman tahun ajaran 2016/2017 dan dokumen tes hasil ujian tengah semester genap. Metode pengumpulan data (1) Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh Fhitung = 46,955. Apabila dikonsultasikan pada Ftabel dengan db 1 dan 37 diperoleh Ftabel 5% = 4,11, maka Fhitung > Ftabel dan besarnya signifikansi adalah 0,000 < 0,05. Sesuai dengan hipotesis statistik yang telah dibuat sebelum penelitian, maka disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman tahun ajaran 2016/2017 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133152 RESTU HARIANTI
Date Deposited: 22 Jan 2018 06:44
Last Modified: 22 Jan 2018 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item View Item