PENGARUH CORPORATE IMAGE, CORPORATE REPUTATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN MASAYARAKAT PADA PEMBIAYAAN BA’I BITSAMAN AJIL DI BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG

LINDA TETY SUCIAWANTY, 2823133084 (2018) PENGARUH CORPORATE IMAGE, CORPORATE REPUTATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN MASAYARAKAT PADA PEMBIAYAAN BA’I BITSAMAN AJIL DI BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Corporate Image, Corporate Reputation dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil di BMT Muamalah Tulungagung” ini ditulis oleh Linda Tety Suciawanty dengan nomor induk mahasiswa (NIM) 2823133084 jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), IAIN Tulungagung dengan pembimbing oleh Dr. Agus Eko Sujianto, SE., M.M. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya kepercayaan masyarakat pada suatu perusahaan. Beberapa cara untuk meningkatkan suatu kepercayaan pada masyarakat adalah dengan memaksimalkan kualitas pelayanan yang diberikan, memperbaiki citra dan reputasi perusahaan. Sebuah perusahaan atau lembaga keuangan syariah khususnya BMT yang memiliki citra dan reputasi yang baik serta kualitas pelayanan yang baik maka akan tercipta suatu kepercayaan pada masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pengaruh corporate image terhadap kepercayaan masyarakat pada pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil di BMT Muamalah Tulungagung ?, apakah pengaruh corporate reputation terhadap kepercayaan masyarakat pada pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil di BMT Muamalah Tulungagung?, apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan masyarakat pada pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil di BMT Muamalah Tulungagung?, apakah pengaruh secara simultan (bersama – sama) antara corporate image, corporate reputation dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan masyarakat pada pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil di BMT Muamalah Tulungagung ?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate image, corporate reputation dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan masyarakat pada pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil di BMT Muamalah Tulungagung secara parsial dan simultan (bersama – sama). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan berjumlah 358 anggota dengan teknik pengambilan sampling probability sampling kategori simple random sampling. Sampel yang dipilih berdasarkan teori Slovin berjumlah 78 responden. Sumber data yang yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, studi pustaka dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi 1) uji kualitas data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, 2) uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas, 3) Uji regresi linier berganda, 4) uji hipotesis yaitu uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa 1) corporate image, corporate reputation dan kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan masyarakat pada pembiayaan ba’i. Sedangkan pada uji f menyatakan bahwa 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara corporate image, corporate reputation dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan masyarakat pada pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil di Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Muamalah Tulungagung. Dari hasil uji determinasi diketahui nilai adjusted R square kepercayaan masyarakat di BMT Muamalah Tulungagung dipengaruhi oleh variabel independen yaitu corporate image, corporate reputation dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain dari penelitian ini. Kata kunci : corporate image, corporate reputation, kualitas pelayanan dan kepercayaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12508174019 LINDA TETY SUCIAWANTY
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:28
Last Modified: 30 Jan 2018 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item