PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016-2017

FACHMA PUTRI AMALIA, 2811133087 (2018) PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016-2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Amalia, Fachma Putri, 2017. Pengaruh Emotional Quotient (EQ) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII Di Mts Darul Falah Bendiljati Kulon tahun ajaran 2016/2017. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam. Program Sarjana. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Drs. Asrop Syafi’i, M.Ag. Kata Kunci : Emotional Quotient (EQ), Hasil Belajar, Akhiduh Akhluk Latar belakang penelitian ini adalah paradigma mayoritas orang-orang dalam dunia pendidikan, lebih mengedepankan domain Kognitif (Intelligence Quotient). Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari siswa juga memerlukan kecerdasan emosional untuk berinteraksi dengan lingkungan masyarakat karena proses belajar siswa tidak hanya diperoleh dari kecerdasan intelektual saja tetapi faktor lingkungan baik masyarakat, orang tua, dan sekolah juga memiliki pengaruh penting dalam proses belajar siswa. Kecerdasan emosional adalah kecerdasan dalam mengenali emosi diri dan orang lain. Untuk itu penulis tertarik meneliti apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kepada Allah SWT siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (2) Untuk mengetahui pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kepada sesama siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (3) Untuk mengetahui pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kepada lingkungan siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (4) Untuk mengetahui pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kepada siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian expost facto research. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon dan Variabel terikat (Y) hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VII Mts Darul Falah Bendiljati Kulon. Sedangkan sampel yang digunakan purposive sampling pengambilan sampel berdasarkan pada pertimbangan yaitu kelas VII C dengan jumlah siswa 30 anak. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kecerdasan emosional dan akhlak siswa, metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode dukumentasi digunakan untuk memperoleh data saat melakukan penelitian sebagai arsip. Berdasarkan hasil penelitian analisis data yang diperoleh: (1) Terdapal pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kepads Allah SWT siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017 berdasarkan nilai thitung sebesar -1,137 dengan perhitungan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Sehingga thitung (- 1,137) > t tabel (2,048) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar akidah akhlak kepada Allah SWT siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Terdapat pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kepada sesama siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016- 2017 berdasarkan nilai thitung sebesar 0,717 dengan perhitungan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Sehingga thitung (0,717) > t tabel (2,048) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar akidah akhlak kepada sesama siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Terdapat pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kepada lingkungan siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017 berdasarkan nilai thitung sebesar 0,253 dengan perhitungan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Sehingga thitung 0,253) > t tabel (2,048) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar akidah akhlak kepada lingkungan siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (4) Terdapat pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016-2017 berdasarkan nilai thitung sebesar 0,338 dengan perhitungan bantuan program SPSS 20.0 for Windows.Sehingga thitung (0,338) > t tabel (2,048) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133087 FACHMA PUTRI AMALIA
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:58
Last Modified: 15 Feb 2018 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item