IFA FATKUROMAH, 2817133066 (2018) PENGARUH KECERDASAN SOSIAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (956kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (933kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (141kB) |
Abstract
ABSTRAK Ifa Fatkuromah, 2817133066, 2017, “Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung “ skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing oleh:Dr. Sokip, M. Pd. I Kata Kunci: Hasil Belajar, kecerdasan Sosial, Minat Kecerdasan Sosial adalah kemampuan seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungan disekelilingnya.Dengan Kecerdasan Sosial peserta didik dapat berinteraksi secara baik dengan orang lain. Minat adalah rasa suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, dan sebaliknya minat belajar yang kurang akan menghasilkan prestasi belajar yang rendah. Rumusan Masalah pada Penelitian ini adalah 1). Adakah pengaruh Kecerdasan sosial terhadap hasil belajar bahasa arab peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru? 2). Adakah Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru? 3). Adakah Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru secara bersama-sama ? Berdasarkan rumusan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasi. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan Tes. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik MIN Pucung Ngantru. Dan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 42 peserta didik. Hasil penelitian didapat1). Thitung = 2,347 >1,684 dan nilai sig. 0,024 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar bahasa Arab. 2). Nilai Thitung = 2,027 > 1, 684 dan nilai sig. 0,049 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab. 3). Nilai Fhitung = 3,116 > Ftabel (5% =3,08) dan nilai tingkat signifikasi 0,021 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa arab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133066 IFA FATKUROMAH |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 03:18 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7354 |
Actions (login required)
View Item |