PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI FATHUL HUDA PUCUNG LOR NGANTRU TULUNGAGUNG

FAUZIAH AULIA SALAMAH, 2817133054 (2018) PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI FATHUL HUDA PUCUNG LOR NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Fauziah Aulia Salamah, NIM. 2817133054, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Sokip, M.Pd.I Kata Kunci: Motivasi, Kecerdasan Emosional, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun. Dalam pembelajaran hendaknya guru memberikan motivasi sebagai penggugah semangat untuk belajar, agar peserta didik mempunyai rasa antusias dengan materi yang akan dipelajari. Motivasi dan kecerdasan emosional merupakan konsep yang dapat meningkatkan kualitas kepribadian peserta didik. Motivasi dan kecerdasan emosional akan mampu membuat peserta didik menghadapi dan mengatasi segala hambatan dalam belajar. Dengan memiliki motivasi belajar dan keseimbangan emosi akan memberikan pengaruh pada kualitas belajar dan hasil belajar yang diraih. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar peserta didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung? 2) adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung? 3) adakah pengaruh motivasi dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar peserta didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik Mi fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung. Menggunakan disproportionate stratified random sampling, diperoleh 3 kelas sebagai kelas sampel, yaitu kelas 3, 4, dan 5. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, serta observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi dan kecerdasan emosional peserta didik MI Fathul Huda yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik, jumlah populasi, tata letak bangunan madrasah, serta foto-foto penelitian. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Pada rumusan masalah satu diperoleh nilai thitung = 2,066 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel = 1,67, pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian t hitung > ttabel, yang berarti motivasi mempengaruhi nilai hasil belajar peserta didik. Pada rumusan masalah kedua diperoleh thitung (2,673) > ttabel (1,67), pada taraf signifikan 5%. Sehingga thitung > ttabel, yang berarti kecerdasa emosional mempengaruhi nilai hasil belajar. Pada rumusan ketiga diperoleh nilai Fhitung = 11, 271 dan Ftabel = 2,77 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga Fhitung > Ftabel, dan artinya ada pengaruh motivasi dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MI Fathul Huda Pucung lor Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133054 FAUZIAH AULIA SALAMAH
Date Deposited: 19 Mar 2018 01:13
Last Modified: 19 Mar 2018 01:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item