Mustafida, Naskhatul (2012) Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Al –Ghozali Panjerejo, Rejotangan, Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I Edit.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB II edit...docx Download (84kB) |
|
Text
BAB III edit.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB IV edit.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
daftar rujukan.docx Download (22kB) |
|
Text
cover new fida.docx Download (126kB) |
Abstract
Kata kunci: Penerapan Metode Drill, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar matematika siswa kelas V di MI Al-Ghozali yang rendah, padahal mata pelajaran matematika merupakan subjek yang sangat penting dalam sistem pendidikan di seluruh dunia. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat berpisah dari keterlibatan matematika dalam menyelesaikan berbagai masalah . Oleh karena itu peneliti menerapkan metode drill dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI Al-Ghozali Panjerejo, Rejotangan, Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Al-Ghozali Panjerejo, Rejotangan, Tulungagung ? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode drill pada matematika siswa kelas V MI Al-Ghozali Panjerejo, Rejotangan, Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) untuk mendeskripsikan secara jelas penerapan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Al-Ghozali Panjerejo, Rejotangan, Tulungagung, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode drill pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Al-Ghozali Panjerejo, Rejotangan, Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi MI Al-Ghozali Panjerejo dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam mempersiapkan proses pembelajaran matematika pada siswa kelas V di MI Al-Ghozali yang akan datang. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Wawancara digunakan untuk menggali informasi tentang kondisi siswa kelas V saat kegiatan belajar matematika berlangsung dan menggali informasi tentang penerapan metode drill pada mata pelajaran matematika, tes digunakan untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa setelah diterapkannya metode drill pada mata pelajaran matematika, observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang MI Al-Ghozali, dan catatan lapangan digunakan untuk untuk melengkapi data yang tidak terekam dalam instrumen pengumpulan data yang ada dengan demikian diharapkan tidak ada penting yang terlewatkan dalam kegiatan penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode drill akhirnya dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas V meningkat. Adapun penerapan pembelajaran dengan metode drill adalah dengan memberikan latihan soal kepada siswa, kemudian siswa mempresentasikannya di depan kelas, hal ini dilakukan secara berulang- ulang, hingga sebagian besar bahkan seluruh siswa memahami materi yang telah dibahas. Hal ini akan membuat siswa lebih terampil dalam menyelesaikan soal baik yang ada di buku maupun di LKS, dan hal inilah yang membuat prestasi belajar siswa meningkat. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa meningkat dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir. Untuk hasil observasi pada siklus 1 pengamatan aktivitas peneliti 73,2 % , dan pada siklus 2 meningkat menjadi 96,1 %, dari kategori baik menjadi sangat baik. Untuk hasil observasi siswa pada siklus 1 60,4 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90,9 %, dari kategori baik menjadi sangat baik. Untuk hasil tes juga mengalami peningkatan, pada tes akhir siklus 1 nilai rata-rata siswa 66,75 dan pada siklus 2 nilai rata-ratanya 81,25. Dalam hal ketuntasan juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 ketuntasan siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar yaitu sebesar 70 % , dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85 %, pada siklus 2 menunjukkan peningkatan sebesar 15 %. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Al- Ghozali, Panjerejo, Rejotangan, Tulungagung. Berdasarkan wawancara juga dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa meningkat, dan siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode drill.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 08:41 |
Last Modified: | 08 Jan 2015 08:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/742 |
Actions (login required)
View Item |