PENERAPAN NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI PENGINAPAN PONDOK MUSAFIR TULUNGAGUNG

RIMA ROHMATUL FADLILAH, 1742143231 (2018) PENERAPAN NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI PENGINAPAN PONDOK MUSAFIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Penginapan Pondok Musafir Tulungagung” ini ditulis oleh Rima Rohmatul Fadlilah, NIM. 1742143231, pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, SE., M.Sy. Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan kendala penerapannya di Penginapan Pondok Musafir Tulungagung. Dengan adanya pendirian hotel atau penginapan berbasis syariah, dapat dikatakan mampu membawa misi untuk membersihkan jiwa masyarakat baik secara kolektif maupun individual dari adanya fitnah, gharar, maksiat dan sebagainya sehingga mampu mewujudkan terciptanya ketertiban masyarakat. Penginapan syariah merupakan salah satu tawaran yang menarik dalam rangka meningkatkan kualitas moral dan karakter bangsa Indonesia yang luhur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam untuk meningkatkan jumlah pengunjung di Penginapan Pondok Musafir Tulungagung? (2) Apa saja kendala penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam untuk meningkatkan jumlah pengunjung di Penginapan Pondok Musafir Tulungagung?. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi Penginapan Pondok Musafir Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam untuk meningkatkan jumlah pengunjung sudah diterapkan di Penginapan Pondok Musafir Tulungagung diantaranya yakni, tauhid, khilafah, ibadah, tazkiyah dan ihsan. Sedangkan kendala penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang terdapat di Penginapan Pondok Musafir Tulungagung antara lain kendala pada regulasi, jika Pemerintah Daerah tidak menyokong penginapan yang berbau syariah, maka Penginapan Pondok Musafir Tulungagung tidak bisa berkembang dengan cepat. Selain itu, pada seleksi tamu ada beberapa pengunjung/ tamu yang protes apabila diminta untuk menunjukkan surat nikah Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Pengunjung atau Konsumen, Penginapan Syariah, dan Penginapan Pondok Musafir Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143231 RIMA ROHMATUL FADLILAH
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:57
Last Modified: 23 Apr 2018 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7559

Actions (login required)

View Item View Item