STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KALIOMBO KOTA KEDIRI

ANIS HIDAYAH, 1725143024 (2018) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KALIOMBO KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri“ ini ditulis oleh Anis Hidayah, NIM. 1725143024, Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I. Kata kunci: Strategi, Guru, Membentuk, Karakter Pendidikan berperan penting dalam menyalurkan hal-hal baru sebagai upaya perubahan positif kepada setiap orang. Perubahan tersebut dapat berupa cara bersikap, cara bersosialisasi, mengembangkan potensi dan lain sebagainya. Karakter merupakan watak atau kebiasaan yang dilakukan terus-menerus sehingga tertanam dalam diri. Terwujudnya nilai karakter yang baik salah satu aspek penting yang menjadi perubahan di dalam proses pendidikan, yang ditengarai sebagai keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Karakter akan mudah tertanam dalam diri peserta didik dengan kegiatan pembiasaan yang dilakukan berulang-ulang secara teratur. Untuk membentuk karakter yang baik, guru dituntut untuk terus mengembangkan berbagai strategi, cara dan inovasi baru yang sesuai perkembangan dan kebutuhan zaman. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana guru membentuk karakter religius siswa di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri? (2) Bagaimana guru membentuk karakter mandiri siswa di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri? (3) Bagaimana guru membentuk karakter tanggung jawab siswa di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan guru membentuk karakter religius, karakter mandiri , dan karakter tanggung jawab siswa dalam pelaksanaanya di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kaliombo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi data ,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) guru membentuk karakter religius dengan cara pemahaman, pembinaan, dan pengawasan melalui pembiasaan yang telah dilaksanakan di madrasah yaitu shalat dhuhur berjamaah, shalat dhuha setiap hari Jumat, membaca doa sebelum dan mengakiri pemebelajaran, hafalan surat pendek dan doa keseharian, bimbingan membaca Al-Qur’an setiap hari Jumat, dan pembelajaran tahfidz. (2) guru membentuk karakter mandiri dengan cara praktik di dalam dan di luar kelas melalui pembiasaan yang telah dilaksanakan yaitu, upacara bendera hari Senin, berbaris sebelum masuk kelas, dan kegiatan kepramukaan. (3) guru membentuk karakter tanggung jawab dengan cara menerapkan aturan yang telah dibuat bersama dengan memberikan konsekuensi jika tidak dilaksanakan melalui kebiasaan yang telah ada yaitu, tanggung jawab piket, tanggung jawab tugas , serta kas kelas setiap hari Jumat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143024 ANIS HIDAYAH
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:55
Last Modified: 02 Jul 2018 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7624

Actions (login required)

View Item View Item