APRILIA FATIMATUZ ZAHROK, 1725143029 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA ORANG MUNAFIK SISWA KELAS IV MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (556kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (634kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (357kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (231kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model pembelajaran Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada materi Menghindari akhlak tercela orang munafik siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung.” ini ditulis oleh Aprilia Fatimatuz Zahrok NIM. 1725143029, pembimbing Dita Hendriani,MA. Kata Kunci: Model pembelajaran Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik rendah dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah pembelajaran yang hanya diisi dengan ceramah membuat siswa mudah bosan dalam pembelajaran sehingga suasana kelas kurang kondusif. Siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran, serta siswa kurang termotivasi untuk belajar karena menganggap Aqidah Akhlak membosankan. Serta guru hanya memberikan catatan biasa yang tidak semua siswa mau mencatat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap motivasi belajar aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap motivasi belajar aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung 2) untuk melihat ada atau tidaknya model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung 3) untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik dan Instrumen pengumpulan data berupa angket, tes, dokumentasi. Uji yang digunakan adalah analisis uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t- tes pada motivasi sebesar 0,018 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t-tes hasil belajar sebesar 0,028 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji manova diperoleh nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’ Largest Root memiliki signifikansi 0,013 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, Hipotesis nihil ditolak dan Hipotesis kerja diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143029 APRILIA FATIMATUZ ZAHROK |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 03:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2018 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7676 |
Actions (login required)
View Item |