ERPANI, 174615018 (2018) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Multisitus Di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Dan SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 ). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (304kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (12kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (151kB) |
||
|
Text
Bab II.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V .pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
Bab VI .pdf Download (77kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran” ini ditulis oleh Erpani dengan dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag dan Dr.H. M. Saifudin Zuhri, M.Ag Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Mutu Pembelajaran Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena rendahnya tingkat profesionalisme guru baik terkait kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial sehingga mengakibatkan rendahnya mutu pembelajaran yang ada disekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut dan SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu. Adapun fokus masalah dari penelitian ini adalah: (1) kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (2) kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (3) kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (4) kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi penelitian yaitu di SMP Islam sunan gunung jati ngunut dan SMP Islam Al-fattahiyah boyolangu.. jenis penelitiannya adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru PAI di dalam kompetensi pedagogik telah menyusun perencanaan pembelajaran, memilih materi ajar siswa yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, kompetensi pedagogik guru agama Islam inilah yang akan mengantarkannya dalam meningkatkan mutu pembelajaran. (2) Kompetensi kepribadian guru yang berupa keteladanan memberikan suri tauladan yang baik, sikap disiplin, tanggung jawab guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran (3) Di dalam profesionalnya, guru PAI telah memiliki kompeten sesuai dengan kualifikasi tenaga pendidik. Profesional guru ini meliputi penguasaan materi, pengorganisasian materi, penyampaian materi, hal tersebut akan lebih bermakna manakala juga ditunjang oleh kegiatan yang dapat meningkatkan keprofesionalan guru yang tujuannya untuk meningkatkan mutu pembelajaran. (4) Kompetensi sosial yang dimiliki guru PAI ditunjukkan dengan adanya jalinan komunikasi guru dengan murid melalui kegiatan belajar mengajar. Komunikasi guru di luar kelas melalui kegiatan ekstrakulikuler. Jalinan komunikasi guru dengan wali murid juga dilakukan melalui pertemuan rutin tiap semester. Hal ini bertujuan mempererat jalinan komunikasi antar guru dengan wali siswa dan sebagai sarana untuk mengetahui perkembangan siswa tersebut yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 174615018 ERPANI |
Date Deposited: | 02 May 2018 02:31 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7722 |
Actions (login required)
View Item |