USMAN AFANDI, 1721143407 (2018) UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Usman Afandi, NIM. 1721143407, “Upaya Guru PAI dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di MTsN 1 Blitar”, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Syamsun Ni'am, M.Ag. Kata Kunci : Guru PAI, Kenakalan Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenakalan siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan ini menunjukkan bahwa kurangnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran. Guru PAI mempunyai tanggungjawab dalam mengatur kondisi kelas dan memberikan dorongan motivasi belajar pada siswa. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang sering ramai di dalam kelas di MTsN Blitar? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang sering mencontek di MTsN 1 Blitar? (3) Bagaimana upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang memiliki nilai kurang baik di MTsN 1 Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang sering ramai di dalam kelas di MTsN Blitar. (2) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang sering mencontek di MTsN 1 Blitar. (3) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang memiliki nilai kurang baik di MTsN 1 Blitar. Metode yang digunakan dalam skripsi ini (1) pendekatan kualitatifdeskriptif dengan rancangan studi kasus, (2) kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) tempat penelitian adalah MTsN 1 Blitar, (4) Sumber data penelitian yaitu narasumber, peristiwa/aktivitas, lokasi penelitian, dan dokumen/arsip, (5) teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, (6) teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (7) pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi kepercayaan, transferability, dependability, dan konfirmability Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang sering ramai di dalam kelas yaitu dengan menegur siswa, mengganti posisi tempat duduk, menjelaskan materi sambil berkeliling, mengaitkan materi dengan kenyataan, dan memberikan nasehat, (2) upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang sering mencontek yaitu mensterilkan meja, nasehat dan motivasi pentinya percaya diri, pentingnya perilaku jujur, mengawasi siswa, dan menegur siswa yang bertanya kepada teman, (3) upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa yang memiliki nilai kurang baik yaitu menganalisa hasil ulangan, membahas ulang materi yang kurang dipahami siswa, melaksanakan remidial dan pemberian tugas, dan memberi dorongan motivasi agar selalu semangat meningkatkan kualitas belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143407 USMAN AFANDI |
Date Deposited: | 02 May 2018 07:34 |
Last Modified: | 02 May 2018 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7847 |
Actions (login required)
View Item |