MAULIDA NIKMATUL AUWALIN, 1742143164 (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BAKPIA EKA TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (132kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
Abstract
ABSTRAK Sekripsi dengan judul ”Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Bakpia Eka Tulungagung)” Ditulis Oleh Maulida Nikmatul Auwalin, NIM 1742143164, Pembimbing Oleh Nur Aziz Muslim,M.H.I “Bakpia Eka” merupakan salah satu home industri di Tulungagung yang bergerak dibidang kuliner yaitu membuat jajanan khas Tulungagung yang dibuat oleh salah satu warga Desa Kedungsuko. Suatu bisnis agar terus berkembang dengan baik dan mampu bersaing dengan produk sejenis tentunya dibutuhkan strategi yang khusus untuk mengembangkannya dan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produknya. Dalam mengembangkan usahanya “Bakpia Eka” telah menggunakan strategi tertentu, mulai dari strategi pemasaran hingga bagaimana cara mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh “Bakpia Eka”. Fokus penelitian dalam sekripsi ini yaitu:1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha dalam meningkatkan loyalitas konsumen “Bapia Eka” Tulungagung? 2) Bagaimana kendala pemasaran dalam meningkatkan loyalitas konsumen “Bapia Eka” Tulungagung? 3) Bagaimana solusi pemasaran dalam meningkatkan loyalitas konsumen “Bapia Eka” Tulungagung? Penelitian ini termasuk penelitian studi lapangan yang bertujuan untuk mengetahui tentang strategi yang dilakukan dalam rangka dalam meningkatkan loyalitas konsumen “Bakpia Eka” ditinjau dari ekonomi Islam. Dalam proses pelaksanaanya penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memfokuskan kajiannya pada strategi pemasaran yang dilakukan serta solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pemasaran produk bakpia. Data diambil dengan menggunakan metode wawancara dengan para informan “Bakpia Eka”, observasi dan dokumentasi dilingkungan “Bakpia Eka”, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif- kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait strategi pemasaran produk, harga, promosi, dan distribusi, maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan “Bakpia Eka” dengan meningkatkatkan kualitas produknya yaitu menggunakan bahan baku dan proses produksi yang halal, penentuan harga didasarkan pada biaya produksi dan upah karyawannya, promosi produk diutamkan melalui media social karena waktu dan tenaga yang efisien. Saluran distribusi atau tempat dapat diakses para konsumennya karena tempat tidak jauh dari kota. “Bakpia Eka” juga menerapkan strategi pemasaran Islami dimana dalam kegiatan bisnisnya bertujuan untuk mencapai kemaslahatan bersama. Kendala dalam pemasaran ini adalah terkait saluran distribusi, banyaknya konsumen dari luar kota sehingga perlunya membuka cabang atau outlet “Bakpia Eka. Kata Kunci : Strategi Marketing Mix, Loyalitas Konsumen, Pemasaran Islami
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143164 MAULIDA NIKMATUL AUWALIN |
Date Deposited: | 16 May 2018 07:29 |
Last Modified: | 16 May 2018 07:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7932 |
Actions (login required)
View Item |