PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

IFA DATUL MUSTAFIDAH, 1725143121 (2018) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Ifa Datul Mustafidah, NIM. 1725143121, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kedisiplinan, Motivasi, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan beberapa peserta didik yang melanggar tata tertib yang dapat mempengaruhi hasil belajar baik akademik (tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan dan bersikap ramai sendiri) maupun non akademik (dapat diukur dengan sopan-santun, disiplin, rajin). Peserta didik yang disiplin cenderung mendapatkan nilai yang lebih bagus daripada peserta didik yang tidak disiplin. Kedisiplinan yang berkurang akan menjadikan motivasi peserta didik dalam belajar juga melemah. Oleh sebab itu perlu adanya dorongan untuk mencapai hasil yang maksimal dengan diikuti sikap disiplin dalam berperilakunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Apakah ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh motivasi peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh kedisiplinan dan motivasi terhadap hasil belajar matematika kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, karena untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi terhadap variabel hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah kelas IV sejumlah 43 siswa. Data kedisiplinan dan motivasi siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert dengan empat pilihan. Semua instrumen telah memenuhi syarat sebagai alat pengukuran, karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan teknik alpha cronbach dan telah lulus dari uji persyaratan. Sedangkan data hasil belajar matematika peserta didik diambil dari nilai ulangan semester gasal. Ada tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu: pertama ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika kelas IV, kedua ada pengaruh motivasi peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas IV, dan ketiga ada pengaruh kedisiplinan dan motivasi terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Anova kedisiplinan (X1) terhadap hasil belajar matematika kelas IV (Y) diperoleh dari hasil uji univariate analysis of variance sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 2,948 > 2,86 dan Sig < 0,05 yaitu 0,046 < 0,05 (dengan taraf 5%). 2) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Anova motivasi (X2) terhadap hasil belajar matematika kelas IV (Y) diperoleh dari hasil uji univariate analysis of variance sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 1 5,822 > xvii 2,89 dan Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 (dengan taraf 5%). 3) Ada pengaruh kedisiplinan dan motivasi terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Anova kedisiplinan (X1) dan motivasi (X2) terhadap hasil belajar matematika kelas IV (Y) diperoleh dari hasil uji univariate analysis of variance sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 8,521 > 4,10 dan Sig < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 (dengan taraf 5%). Kesimpulannya bahwa semakin tinggi tingkat kedisiplinan dan motivasi siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar matematikanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143121 IFA DATUL MUSTAFIDAH
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:53
Last Modified: 02 Jul 2018 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item