PERAN GURU ALQURAN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PESERTA DIDIK DI MTs MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN

HUSNA AULIA ULFA, 1721143168 (2018) PERAN GURU ALQURAN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PESERTA DIDIK DI MTs MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Alquran Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Peserta Didik di MTs Manba‟ul „Ulum Buntaran” ini ditulis oleh Husna Aulia Ulfa, NIM. 1721143168, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2018, Pembimbing Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci : Peran Guru Alquran Hadis, Kemampuan Membaca Alquran Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan peran guru Pendidikan Agama Islam terutama guru Alquran Hadis yang harus meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik. Dengan menciptakan motivasi dan inovasi dalam pembelajaran dan juga didukung dengan media pembelajaran. Jika ketiga hal tersebut telah dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung menarik dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Peran guru Alquran Hadis sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik di MTs Manba‟ul „Ulum Buntaran, 2) Peran guru Alquran Hadis sebagai inisiator dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik di MTs Manba‟ul „Ulum Buntaran, 3) Peran guru Alquran Hadis sebagai mediator dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik di MTs Manba‟ul „Ulum Buntaran. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan secara mendalam peran guru Alquran Hadis sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik di MTs Manba‟ul „Ulum Buntaran, 2) Mendeskripsikan secara mendalam peran guru Alquran Hadis sebagai inisiator dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik di MTs Manba‟ul „Ulum Buntaran, 3) Mendeskripsikan secara mendalam peran guru Alquran Hadis sebagai mediator dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik di MTs Manba‟ul „Ulum Buntaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini : 1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik dengan cara memberikan dorongan atau nasehat kepada peserta didik agar belajar bersungguh – sungguh, mengajak siswa untuk selalu membaca Alquran, memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca Alquran. Selain itu, guru Alquran hadis juga menggunakan metode ceramah, berdiskusi dalam menyimak bacaan dan hafalan Alquran siswa, melakukan shalat dhuha bersama – sama peserta didik dan juga guru, setelah itu mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut dilakukan guru xvi untuk mendorong siswa agar tetap semangat dalam belajar membaca Alquran, 2) Peran guru sebagai inisiator dengan menerapkan ide – ide pembaharuan yang kreatif saat mengajar dikelas. Seperti metode dilagukan dalam hafalan hadis – hadis, dengan metode kelompok atau grup yang terdiri 2 siswa yang saling menyimak bacaan dan hafalan teman satu grupnya. Hal ini dilakukan guru Alquran hadis agar siswa bisa fokus dan lancar dalam membaca maupun hafalan Alquran, 3) Peran guru Alquran hadis sebagai mediator dengan menggunakan media papan tulis, alat tulis menulis, Alquran, kitab kuning, buku LKS atau modul. Penggunaan media harus melalui pemilihan dengan prinsip – prinsip tertentu yang harus dipenuhi, agar pemilihan media dapat berjalan dengan baik, karena pemilihan media sangat mempengaruhi sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143168 HUSNA AULIA ULFA
Date Deposited: 07 Jun 2018 03:57
Last Modified: 07 Jun 2018 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8079

Actions (login required)

View Item View Item