PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NITA NOVITASARI, 1725143214 (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Nita Novitasari, NIM 1725143214, Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa perhatian orang tua dan disiplin belajar dapat mempengaruhi tingkah laku dan prestasi belajar siswa. Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa karena orang tua adalah seorang manajer pendidikan bagi anaknya. Dengan perhatian orang tua anak akan terarah dan terkontrol. Selain itu disiplin belajar juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kedisiplinan siswa baik dalam belajar maupun dalam mentaati tata tertib ketika semua itu sudah tertanam dalam diri siswa dan sudah terbiasa maka akan timbul sebuah kesadaran, ketika siswa dalam melakukan sesuatu atau dalam belajar dilandasi dengan kesadaran diri bukan paksaan maka hasilnya nanti juga akan berbeda dengan siswa yang melakukan sesuatu atau belajar dengan dilandasi sebuah paksaan. Penelitian ini rumusan masalahnya adalah : (1) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ? (2) Apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ? (3) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ?, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, (3) pengaruh perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Bendiljati Wetan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 206 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 41 siswa dengan mengambil 20 % dari jumlah populasi siswa dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang perhatian orang tua dan disiplin belajar siswa sebagai variabel bebas dalam penelitian. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai UTS Matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat (uji normalitas, uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas). Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan software aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara individual dan secara bersama-sama perhatian orang tua dan disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis dan pembahasan yang dapat disimpulkan bahwa: (1) Perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung (2,087) > ttabel (2,024) dan signifikansi 0,044 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (2) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung (4,06) >ttabel (2,024) dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (3) Perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji F diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, karena Fhitung (8,010) >Ftabel (3,24) dan signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel perhatian orang tua dan variabel disiplin belajar memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 29,7% sedangkan 70,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143214 NITA NOVITASARI
Date Deposited: 29 Jun 2018 01:55
Last Modified: 29 Jun 2018 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8102

Actions (login required)

View Item View Item