PENGARUH MODELPEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

QURROTA A’YUNINA, 1725143237 (2018) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (994kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh QurrotaA`yunina, NIM. 1725143237, Pembimbing Dr. Sulistiyorini, M.Ag Kata Kunci : Teams Games Tournamnt, Motivasi , HasilBelajar Pendidikan memegang peranan sebagai salah satu pilar utama dalam menentukan perubahan sosial. Perubahan kearah kemajuan dan kesejahteraan hidup yang berkualitas. Dalam hal ini persepsi siswa bahwa pelajaran SKI itu pelajaran yang dianggap membosankan membuat siswa saat proses pembelajaran SKI siswa merasa ngantuk dan ramai sendiri saat guru menjelaskan . Hal ini menjadi penyebab rendahnya motivasi siswa terhadap materi pelajaran SKI.Oleh karena itu perlu suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif, lebih suka dan senang pelajaran SKI salah satunya adalah Model Teams Games Tournament adalah suatu model pembelajaran yang membuat peserta didik menjadi lebih senang dan lebih termotivasi dalam mengikuti pelajaran karena ada kegiatan permainan berupa turnamen dalam model ini Permainan dalam TGT dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang ditulis pada media kartu yang diberi angka. Penggunaan media kartu ini merupakan sarana yang fungsi utamanya sebagai alat bantu untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? DalamPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen(quasi experimental) desain eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpeserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 54 peserta didik. Dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling jenis sampling jenuh.diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas IV -A dan IV-B.Kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen.Instrumen Penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar angket/kuisioner, soal tes dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahuibahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t yang diperoleh thitung(6,228) >t_tabeldengantarafSignifikan0.05 model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung berdasarkan perhitungan uji-t di perolehnilaithitung(4,220)>t_tabel(2,021)dengan taraf Signifikan 0.05.Adapengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, berdasarkan uji MANOVA diperoleh bahwa F untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada kelas memiliki signifikasi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0.05.Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada Pengaruh yang model pembelajarn teams games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar SKI pada materi Kepribadian Nabi Muhammad Saw”

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143237 QURROTA A’YUNINA
Date Deposited: 08 Jun 2018 06:45
Last Modified: 08 Jun 2018 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8103

Actions (login required)

View Item View Item