ERMA RIFATUL DINIA, 1721143132 (2018) KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (518kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Menggunakan Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ngantru Tulungagung”, ini ditulis oleh Erma Rifatul Dinia, NIM. 1721143132, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Sumber Belajar, Kualitas Pembelajaran PAI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber belajar yang tersedia sehingga mempengaruhi proses pembelajaran, dalam pembelajaran guru cenderung hanya menggunakan satu sumber belajar, dan kualitas pembelajaran PAI yang begitu kurang memuaskan. Dalam hal ini peneliti akan melihat kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan jenis sumber belajar cetak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung ? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan jenis sumber belajar non-cetak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung ? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan jenis sumber belajar fasilitas perpustakaan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung ? Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah SMPN 02 Ngantru Tulungagung ini bisa digunakan sebagai bahan refleksi untuk menentukan halaman kebijakan dalam membantu meningkatkan pemahaman konsep. Bagi guru sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan sumber belajar dalam upaya meningkatlan kualitas pembelajaran PAI. Bagi siswa-siswi diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman belajar. Bagi peneliti lain sebagai reverensi atau dasar pegangan bagi peneliti lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif, Sedangkan istrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian: (1) Kreativitas guru dalam menyusun perencanaan kegiatan sebelum pembelajaran di kelas yaitu Guru juga menggunakan buku pendamping dan buku pengangan guru serta guru juga memberikan penugasan akhir. (2) Guru bertindak kreatif dalam menggunakan media yang bervariatif. Guru juga kreatif dalam memilih dan mengembangkan media dengan mencari dan mengeksplorasi media pembelajaran selain yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah. (3) Guru memanfaatkan perpustakaan sebagai kegiatan pembelajaran. Mengembangkan perpustakaan sebagai sarana edukasi, rekreasi dan inovasi. Serta mengelola perpustakan mulai dari pelayanan sampai sarana dan prasarana yang tersedia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143132 ERMA RIFATUL DINIA |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 03:12 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8137 |
Actions (login required)
View Item |