KHOFIFATUL LATIFAH, 1725143144 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Khofifatul Latifah, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Discovery Learning, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan prestasi belajarnya rendah. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti masalah model pembelajaran dengan prestasi belajar Akidah Akhlak di MIN 3 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar kognitif peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar afektif peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar psikomotorik peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar kognitif peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar afektif peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar psikomotorik peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Data siswa diperoleh dari data semester I tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah simple ramdom sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa V-A dan V-B di MIN 3 Tulungagung, dimana kelas V-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa dengan menggunkan pembelajaran konvensional dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisi, pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, data prestasi belajar kognitif diperoleh thitung(4,757) > ttabel(1,669), data prestasi afektif diperoleh thitung(2,143) > ttabel(1,669), data prestasi belajar psikomotorik diperoleh thitung(4,007) > ttabel(1,669) yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Akhlak MIN 3 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143144 KHOFIFATUL LATIFAH |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:29 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8147 |
Actions (login required)
View Item |