EKA DWI ERMAWATI, 1725143075 (2018) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Tahfidz AlQur‟an Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Eka Dwi Ermawati, NIM. 1725143075, pembimbing Hj. Luluk „Atirotu Zahroh, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Strategi Tahfidz Al-Qur‟an Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kehidupan masyarakat yang semakin modern ini sangat perlu menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kuat kepada anak. Terbukti dengan banyak lembaga pendidikan islam yang mengembangkan program tahfidz Al-Qur‟an. Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat muslim Indonesia yang tinggi untuk menghafal Al-Qur‟an dan menjadikan anak-anak mereka sebagai penghafal Al-Qur‟an. Maka dari itu, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar membuat strategi untuk memudahkan menghafal Al-Qur‟an bagi siswanya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana faktor pendukung strategi guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan faktor pendukung strategi guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat dalam lokasi dan memperatikan keadaan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, pengujian transferability, penguin dependability, dan pengujian konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar menerapkan beberapa strategi, yaitu: Menggunakan satu jenis mushaf Al-Qur‟an, tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafal benar-benar hafal, menghafal urutan-urutan ayat yang dihafalkannya dalam satu kesatuan jumlah setelah bnar-benar hafal ayatnya, pengulangan ganda, dan disetorkan pada seorang pengampu. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran tahfidz AlQur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dipengaruhi oleh: a) Faktor pendukung yang berasal dari diri peserta didik atau faktor internal, yaitu bakat dan minat, kecerdasan, motivasi, dan usia b) Faktor pendukung yang berasal dari luar diri peserta didik atau faktor eksternal, yaitu manajemen waktu menghafal Al-Qur‟an dan lingkungan sosial peserta didik (dukungan dari orang tua dan tempat mengahafal).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143075 EKA DWI ERMAWATI |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 02:21 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8199 |
Actions (login required)
View Item |